Epochtimes, oleh Xu Jian- Malaysia menemukan empat kasus virus corona baru, strain mutan D614G untuk pertama kalinya. Sebuah studi oleh Malaysian Institute of Medicine (IMR) menemukan bahwa ada 4 pasien tergolong dalam dua kelompok infeksi yang berbeda. Tiga diantaranya berasal dari kelompok infeksi “Sivagangga” di Kedah. Satu orang dari kelompok infeksi Bukit Tiram di Johor. Strain D614G ini juga telah ditemukan di tempat lain di dunia.

Menteri Kesehatan Malaysia, Noor Hisham Abdullah menekankan bahwa virus yang bermutasi memiliki infektivitas yang lebih kuat dan menyebar 10 kali lebih cepat dari strain normal.

Noor Hisham Abdullah mengatakan itu karena D614G memiliki infektivitas yang lebih tinggi, jika menyebar dengan“penyebar super” itu akan menyebabkan skala infeksi yang lebih besar. Publik perlu lebih hati-hati dan waspada.

Pada awal Juni lalu, CNN melaporkan bahwa penelitian oleh “Scripps Research Institute” di Florida, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa virus Komunis Tiongkok telah menghasilkan mutasi genetik ke D614G, sehingga lebih mudah bagi virus untuk menyerang sel manusia.

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal terkenal Cell pada tanggal 2 Juli, ada 29% sampel virus Komunis Tiongkok mengalami mutasi D614G. 

Mutasi ini terjadi pada protein lonjakan S yang diikat oleh virus ke tubuh manusia, meningkat. Jumlah kunci bagi virus untuk memasuki tubuh meningkatkan infektivitas sebanyak 3 sampai 6 kali lipat.

Sementara itu, strain penyakit yang lebih menular ditemukan di Filipina. Pejabat kesehatan Filipina mengatakan pada hari Senin 17 Agustus lalu bahwa Filipina juga telah menemukan jenis virus Komunis Tiongkok yang lebih menular yang pertama kali muncul di Wuhan.

Menurut wakil menteri kesehatan negara itu, Maria Rosario Vergeire, jenis G614 ditemukan di Kota Quezon, kota berpenduduk sekitar 2,9 juta orang. Ada lebih dari 8.000 kasus infeksi di kota yang disebabkan oleh virus tersebut.

Philippine Genome Center mengungkapkan dalam pengumuman bulan Agustus bahwa G614 ditemukan di 9 sampel yang dikumpulkan secara acak di Kota Quezon. Strain G614 berasal dari mutasi D614G dari strain D614 asli yang awalnya dilaporkan di Wuhan.

Vergeire menilai  karena ukuran sampel yang masih terlalu kecil, tidak mungkin disimpulkan bahwa G614 telah menyebar di Filipina. #

Editor yang bertanggung jawab: Ye Ziwei

hui/rp

Video Reomendasi

Share

Video Popular