Ntdtv.com- Dalam beberapa hari terakhir, California utara dan selatan, Amerika Serikat telah mengalami cuaca ekstrim seperti panas yang ekstrim dan badai petir yang hebat, menyebabkan kebakaran hutan dan bahkan tornado api dan fenomena langka lainnya.

Pada Minggu dini hari, 16 Agustus 2020, terjadi badai petir besar-besaran di daerah Pekawan. Petir dan guntur yang dikombinasikan dengan suhu tinggi yang tidak normal. Banyak orang terbangun mendengar petir dan guntur itu.

Petir menyambar-nyambar dan menyebabkan kebakaran hutan.  Menurut Cal Fire, kebakaran di sungai di Monterey County disebabkan oleh petir yang menyambar tanaman kering. 

Kebakaran telah menyebar sejak Minggu 16 Agustus 2020 dan telah menghancurkan 2.000 hektar tanah. Kebakaran juga melukai 4 petugas pemadam kebakaran. Lebih dari 1.500 rumah menjadi korban  dan warga terpaksa mengungsi, dan hanya 10% api terkendali.

Di bawah cuaca ekstrim, fenomena tornado api yang sangat langka juga muncul di Loyalton Fire di California Utara. Dengan kecepatan angin mencapai 60 mil per jam, asap dari kebakaran hutan membentuk tornado api langka di padang rumput terbuka.

Faktanya, ada fenomena tornado api yang langka di daerah tersebut bulan lalu. Foto-foto yang beredar menunjukkan bahwa api di tanah digerakkan oleh angin, membentuk pusaran api tipis, mencapai puncaknya, yang sangat menakjubkan. Didorong oleh angin kencang, Loyalton Fire juga membentuk dinding api besar yang terus menyala. 

Sebuah video dari pemadam kebakaran menunjukkan bahwa karena api terlalu ganas dan bergerak terlalu cepat, banyak petugas pemadam kebakaran dan truk pemadam kebakaran  nyaris terbakar. Api telah membakar lebih dari 36.000 acre, dan hanya 5% yang berhasil dikendalikan.

Selain itu, cuaca yang sangat panas dalam jangka waktu yang sangat lama di California Selatan juga telah memicu banyak kebakaran hutan.  Apple Fire di Riverside County, Lake Fire di Los Angeles County, dan Ranch Fire di dekat area China Town Lembah San Gabriel adalah daerah yang turut terbakar.

Menurut statistik dari situs web Departemen Pemadam Kebakaran California, di bawah cuaca ekstrim saat ini, sudah ada 25 kebakaran hutan yang terjadi secara bersamaan di California.

Laporan lengkap dari stasiun reporter NTD Los Angeles

hui/rp

Video Rekomendasi

Share

Video Popular