oleh: Fadjar Pratikto,  pemerhati ekonomi

Sama seperti industri lainnya, sektor perbankan juga sangat terpengaruh oleh wabah virus corona. Namun sejak tahap awal, banyak bank yang pulih dan menawarkan layanan yang lebih baik dan nyaman kepada nasabah seperti solusi seribu satu sentuhan Bukopin.

Perbankan merupakan salah satu bidang usaha yang dapat berkontribusi secara signifikan dalam upaya memperlambat penyebaran virus. Berbeda dengan krisis perbankan masa lalu, kali ini hal ini dipandang sebagai bagian dari solusi daripada masalah.

Namun, tidak semua bank berhasil mendorong layanannya untuk kemajuan nasabah di tengah pandemi. Inilah mengapa di sini kita akan membahas beberapa strategi perbankan yang memungkinkan bank menangani krisis secara efektif.

Perbankan Digital

Meskipun layanan perbankan digital telah diperkenalkan sejak lama, namun karena virus inilah banyak bank dan pelanggan yang semakin berkomitmen terhadapnya. Karena ini adalah cara terbaik untuk mencegah ancaman virus keluar dari pintu. Pembayaran dan deposit lebih aman, lebih mudah, dan tidak memakan waktu. Bank-bank yang sudah terlibat dalam e-banking sedang bekerja untuk menghilangkan cacat mereka dan menambahkan opsi yang lebih canggih. Contohnya, layanan digital Bank Bukopin meliputi mobile banking, SMS banking, dan virtual account.

Menawarkan Layanan Perbankan yang Lebih Baik

Ini adalah masa-masa sulit bagi semua orang. Orang-orang stres tentang stabilitas keuangan mereka, mereka memiliki banyak masalah yang berhubungan dengan kesehatan, dan lain-lain. Sebagai bank, apa yang dapat Anda lakukan adalah setidaknya menemui mereka di tengah jalan dan membantu mereka melewati masa-masa ini.

Anda dapat mengubah rencana pembayaran kembali pinjaman Anda, atau mengurangi sesuatu yang lain dengan memberi cukup waktu kepada pelanggan tetap dan setia Anda untuk membangun kembali diri mereka sendiri.

Bersamaan dengan ini, layanan perbankan rumah juga harus sederhana dan langsung untuk diikuti pelanggan karena tidak semua orang menganggap internet banking sebagai tugas yang mudah.

Membentuk Tim Dukungan Pelanggan yang Terampil

Perbankan digital juga berarti banyak pertanyaan dan keraguan bagi pelanggan. Meskipun bank buka, tidak aman bagi orang untuk terus mengunjungi cabang. Oleh karena itu bank harus memperkuat dukungan mereka sehingga sebagian besar masalah hanya dapat diselesaikan secara digital. Bergantung pada kemampuan Anda, cobalah untuk memiliki layanan pelanggan 24/7 untuk kebutuhan darurat pelanggan. Bank Bukopin di tengah Pandemi Covid-19 telah mengambil beberapa langkah penting untuk memastikan kemudahan perbankan bagi nasabah.

Fokus Pada Keamanan Finansial

Terakhir, bank juga harus menjaga keamanan dan stabilitas keuangan pelanggan. Perbankan internet harus dilakukan melalui saluran digital yang aman yang memungkinkan pengguna memiliki pengalaman yang mudah dilakukan. 

Kesimpulan

Covid-19 memang telah memaksa beberapa perubahan yang tidak diinginkan di sektor perbankan. Tetapi mengatasi mereka dan membuat layanan semudah mungkin adalah hal yang membuat satu layanan lebih baik dari yang lain.

Jika Anda sedang mencari bank yang tepat untuk memenuhi kebutuhan perbankan Anda pada saat-saat tersebut, maka Bank Bukopin adalah yang tepat untuk Anda.

 

Share
Tag: Kategori: BERITA NASIONAL NATIONAL

Video Popular