Erabaru.net. Akuarium di Spanyol telah menyambut seekor anak penguin dengan sepasang penguin sesama jenis sebagai induknya untuk pertama kalinya.

Sepasang penguin betina Electra dan Viola menyambut anak angkat mereka di Oceanografic Aquarium, Valencia, Spanyol.

Pasangan itu mengadopsi telur dari pasangan penguin lain dan mengerami sendiri. Sejauh ini, jenis kelamin anak penguin belum diketahui karena tes darah untuk menentukan hal ini tidak dapat dilakukan hingga mereka berusia sekitar enam minggu.

(Foto: Newsflash)

Penambahan penguin baru yang tidak disebutkan namanya adalah satu dari tiga anak penguin yang telah dilahirkan dalam koloni 25 penguin gentoo pada musim kawin ini. Pasangan Navi dan Aquela, serta Bolo dan Melibe juga menyambut anak penguin berkelamin betina.

Electra dan Viola adalah pasangan yang luar biasa, menurut penjaga akuarium Carlos Barros, yang menjelaskan bahwa pasangan betina tersebut mulai menunjukkan perilaku untuk berkembang biak yang umum, seperti membangun sarang mereka sendiri menggunakan batu. Dengan pemikiran tersebut, para penjaga memutuskan untuk memberi mereka telur sendiri untuk dierami.

“Kami menempatkan salah satu telur dari pasangan yang berbeda ke dalam sarang mereka sehingga mereka dapat merawatnya,’ kata Carlos.

Electra dan Viola pertama kali mulai menunjukkan perilaku untuk bertelur saat mereka mulai membangun sarang mereka sendiri dengan batu. Batu juga digunakan dalam ritual kawin oleh penguin jantan, yang sering memberikan batu kepada pasangan mereka.

Anda pasti tahu anak penguin selalu dibesarkan oleh sepasang penguin jantan dan betina. Inkubasi dilakukan oleh jantan dan betina yang bergiliran untuk menjaga telur tetap hangat. Telur tersebut kemudian akan menetas pada hari ke-38, dan anak penguin akan tinggal bersama induknya selama kurang lebih 75 hari.

(Foto: Newsflash)

Electra dan Viola bukanlah pasangan sesama jenis pertama yang membesarkan anak . Tahun lalu, Marama dan Rocky dari Sea Life Centre London, Inggris juga menyambut seorang anak penguin. Pasangan itu adalah induk pertama kali dan staf di akuarium mengatakan mereka telah menunjukkan kualitas pengasuhan yang baik selama beberapa tahun terakhir dengan membangun sarang, seperti yang dilakukan Electra dan Viola.

Menurut Carlos, meski monogami adalah hal biasa antara pasangan penguin di kebun binatang dan habitat terkontrol lainnya, pasangan penguin sering hanya tetap setia pada pasangannya di alam liar selama musim kawin. (yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular