Epochtimes.com- Gambar satelit yang diambil pada 18 Agustus ini menunjukkan, bahwa kapal selam milik PLA  ini sedang berada di depan dermaga bawah tanah bernama Pangkalan Angkatan Laut Yulin yang terletak di Teluk Yalong, Pulau Hainan.

Mantan kapten angkatan laut Taiwan Lu Lishi melalui Facebook mengemukakan bahwa sangat jarang kapal selam komunis Tiongkok keluar masuk gua pangkalan, sampai fotonya tertangkap satelit. Dari foto satelit terlihat bahwa kapal selam tersebut, masih membutuhkan kapal penarik untuk bisa keluar masuk gua bawah tanah Pangkalan Kapal Selam di Teluk Yalong. Rupanya belum mampu keluar masuk gua dengan menggunakan tenaga sendiri.

Lu Lishi menyebutkan bahwa dermaga bawah tanah di Teluk Yalong itu, sudah diketahui sekitar belasan tahun lamanya. Akan tetapi, tampaknya ini adalah untuk pertama kalinya pihak berwenang mengekspos foto satelit kapal selam keluar masuk dermaga ini ke publik.

Drake Long, seorang ahli militer di Laut Tiongkok Selatan menuliskan perkiraannya, dalam sebuah tweet, bahwa kapal selam PLA dicurigai sebagai kapal selam bertenaga nuklir ‘Kelas-Shang’ bertipe 093.

Bertepatan dengan menghadapi memburuknya hubungan AS – komunis Tiongkok, latihan militer AS yang sedang diselenggarakan di Laut Tiongkok Selatan, Laut Tiongkok Timur, Lautan Pasifik, serta latihan militer AS dengan sekutunya. Sehingga pemaparan foto kapal selam nuklir milik komunis Tiongkok saat ini dianggap sebagai niat yang sengaja.

Pada 14 Agustus, kelompok serang kapal induk USS. Ronald Reagan melakukan latihan militer di Laut Selatan. Pada 15 Agustus, Amerika Serikat dan Jepang melakukan latihan militer di Laut Timur. Mulai 17 Agustus, Amerika Serikat dan Australia, Jepang, Prancis, Kanada, Korea Selatan, Filipina, dan Singapura, Selandia Baru, Brunei, dan negara lain mengadakan latihan militer bersama yang bernama Lingkar Pasifik 2020. 

Pakar militer Taiwan Li Zhengxiu mengatakan kepada Radio Free Asia pada 19 Agustus, bahwa memang sangat jarang kapal selam Komunis Tiongkok sampai tertangkap foto di satelit. Jika bukan karena memang disengaja, mungkin something wrong.

Li Zhengxiu percaya bahwa pihak Tiongkok sedang mengirim pesan ke pihak Barat, bahwa pihak Tiongkok benar-benar tidak mampu untuk menghadapi Amerika Serikat, apalagi mengalahkan Amerika Serikat, tetapi dapat melakukan serangan balik karena ancaman terbesar dari kapal selam ada di dasar laut.

Li Zhengxiu mengatakan bahwa salah satu fungsi terbesar dari kapal selam nuklir adalah, jika ia mampu menyembunyikan diri, maka ia dapat pergi ke wilayah laut manapun di dunia. Namun, “Sistem peredam suara kapal selam komunis Tiongkok ini tidak sebaik yang dimiliki oleh Amerika Serikat, tetapi jika suatu saat berhasil ditingkatkan, maka juga bisa menjadi ancaman besar bagi kelompok tempur kapal induk AS”. (Sin/asr)

Video Rekomendasi

Share

Video Popular