China Insider

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump pada 4 Agustus 2020 lalu, dalam wawancara dengan Fox Business mengatakan bahwa hubungan Amerika Serikat dengan Tiongkok  sangat melukai. 

Trump mengaku, bahwa dirinya pernah mempunyai hubungan yang luar biasa dengan Xi Jinping tetapi kini tidak lagi. Kini menjadi semakin jelas bagi dunia bahwa Partai Komunis Tiongkok adalah sebuah ancaman utama.

“Hubungan sangat melukai dengan apa yang telah terjadi karena saya sangat yakin Partai Komunis Tiongkok dapat menghentikan wabah tersebut di Wuhan dan saya sangat yakin akan hal itu, dan hal tersebut secara pasti sangat melukai,” kata Trump.

Sekutu Barat mulai melawan. Aturan-aturan dua orang adalah berbeda, yang satu adalah Xi Jinping, diktator yang tinggal di Tiongkok dan yang lainnya adalah Mike Pompeo, kepala pemersatu. 

Mike Pompeo bertugas sebagai Menteri Luar Negeri dalam pemerintahan Donald Trump selama lebih dari dua tahun saat ini. Ia lulus dari akademi militer Amerika Serikat di West Point dan kemudian meraih gelar Doktor di bidang hukum di Universitas Harvard. 

Mike Pompeo memiliki latar belakang di bidang hukum dan bisnis. Pada tanggal 25 Januari 2017, Mike Pompeo mengambil alih posisi direktur Central Intelligence Agency (CIA)  setelah diangkat oleh Donald Trump. 

Setahun berikutnya, pada tanggal 26 April 2018 silam, Mike Pompeo menjadi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat. Sebagai Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo menjalin hubungan yang akrab dengan negara-negara sekutu dan negara mitra dengan mempersatukan mereka untuk bangkit menghadapi komunis Tiongkok. 

Bahkan saat virus Partai Komunis Tiongkok berkecamuk, Mike Pompeo masih mengunjungi Inggris, Denmark dan Israel. Setelah setahun bekerja keras, upaya Mike Pompeo akhirnya terwujud dengan dibentuknya sebuah sekutu demokrasi yang baru. 

Mike Pompeo memperkuat para sekutu dengan Amerika Serikat dan menyatukan pemahaman para sekutu mengenai Partai Komunis Tiongkok. Pada tanggal 31 Juli, Mike Pompeo mengatakan pada sebuah sidang Senat bahwa karena kekuatan ekonomi Tiongkok, ada kesulitan tertentu dalam membentuk sekutu demokrasi.

“Hal yang terpenting mengenai Tiongkok. Kita melihat Partai Komunis Tiongkok merupakan ancaman utama terhadap waktu kita. Diplomasi kita yang kuat telah membantu memimpin kesadaran internasional terhadap ancaman Partai Komunis Tiongkok,” kata Pompeo. 

Share

Video Popular