Ntdtv.com- Gambar satelit yang diambil oleh NASA pada hari Rabu 19 Agustus 2020 menunjukkan bahwa. asap dan debu dari puluhan kebakaran hutan di California utara dan selatan melayang sekitar 600 mil atau 1.000 KM di atmosfer.

Gambar menunjukkan bahwa asap dan debu berada di timur laut-barat daya, meluas ke barat daya, meninggalkan garis pantai California. Selain itu, citra satelit yang diambil oleh Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional AS juga menunjukkan bahwa asap tersebut terbawa ke Samudra Pasifik.

Saat ini, dua kebakaran hutan terbesar terjadi di daerah utara dan selatan itu, memengaruhi sekitar 226.100 hektar, dan ribuan orang telah dievakuasi.

Perlu dicatat bahwa kedua kebakaran hutan tersebut dipicu oleh sambaran petir. Faktanya, California mengalami hampir 11.000 sambaran petir dalam tiga hari terakhir. Badai petir berskala besar sangat jarang terjadi dan  menyebabkan puluhan kebakaran hutan.

Departemen Pemadam Kebakaran California menunjukkan bahwa, California saat ini mengalami 26 kebakaran hutan besar dan ratusan kebakaran hutan kecil.

Sebagai tanggapan, Gubernur Newsom mengumumkan keadaan darurat pada hari Rabu 19 Agustus 2020.  Ia mengatakan bahwa pihak berwenang telah meminta 375 truk pemadam kebakaran dari negara bagian lain, serta bantuan dari Arizona, Nevada dan Texas.(Hui/Asr)

Laporan Komprehensif Los Angeles reporter NTD Wang Ziyi

Video Rekomendasi

Share

Video Popular