Erabaru.net. Pihak berwenang di Tokorozawa, sebuah kota Jepang yang terletak di utara Tokyo, baru-baru ini meluncurkan total 27 penutup lubang got (manhole cover) berteknologi tinggi yang menampilkan layar LED yang terinspirasi oleh anime populer.

(Foto: Tokyo-NP)

Dalam upaya cerdik untuk meningkatkan citra sistem saluran pembuangan lokal dan juga diharapkan dapat mencegah kejahatan malam hari di jalan raya utama Tokorozawa, Departemen Pengairan dan Pembuangan Limbah kota baru-baru ini memasang total 27 penutup lubang got baru yang diterangi oleh lampu LED bertenaga surya dan menampilkan desain yang terinspirasi anime.

Manhole baru dipasang pada 1 Agustus 2020, dan merupakan manhole pertama di Jepang yang menampilkan pencahayaan LED.

Manhole cover artistik sudah menjadi bagian penting dari budaya Jepang. Bentuk seni yang unik ini dapat ditelusuri kembali ke tahun 1980-an, ketika kota-kota di Jepang mulai membuat sampul khusus dengan desain yang terinspirasi oleh identitas budaya wilayah (mitologi, sejarah, budaya, dll.).

Selama bertahun-tahun, seni penutup lubang got berevolusi untuk memasukkan elemen budaya modern seperti karakter anime dan maskot lokal.

Sekarang, Tokorozawa telah menemukan cara untuk memasukkan teknologi ke dalam penutup lubang juga.

Setiap penutup manhole LED terletak di sebelah panel surya sendiri, dan keduanya terhubung di bawah tanah. Layar LED dilaporkan menyala otomatis pada jam 5 sore dan tetap menyala sampai jam 2 dini hari.

27 desain manhole cover berteknologi tinggi yang terinspirasi oleh beberapa serial anime paling populer di dunia, termasuk Neon Genesis Evangelion, Gundam, dan Kino’s Journey. (yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular