Erabaru.net. Dokter di Tiongkok berhasil mengeluarkan cacing hidup sepanjang 12 sentimeter dari otak seorang pria, setelah 17 tahun parasit itu hidup di dalam dirinya.

Menurut laporan, pasien, yang hanya dikenal sebagai Chen, mulai merasakan mati rasa di tangan dan kakinya sejak usia enam tahun.

Namun, pria berusia 23 tahun itu baru mencari pertolongan medis pada 2015, ketika dia baru-baru ini kehilangan semua sensasi di bagian kanan atas tubuhnya.

(Foto: Pear Video)

Dia perti ke First Affiliated Hospital of Wuchang University di Provinsi Jiangsu di Tiongkok timur, di mana para dokter yang bingung awalnya mengira infeksi mungkin berasal dari konsumsi daging eksotik mentah atau tidak dimasak dengan baik, seperti ular atau katak.

Chen mengatakan kepada petugas medis bahwa dia telah mengalami mati rasa, sakit kepala, dan kadang-kadang mual selama 17 tahun terakhir, tetapi dia mengabaikan gejalanya karena dia yakin itu mungkin genetik, karena orangtuanya juga selalu mengalami kesulitan dalam menggerakkan anggota tubuh mereka.

Berbicara kepada Pear Video, Chen menjelaskan: “Setengah dari tubuh bagian atas saya mati rasa sepenuhnya, saya tidak dapat merasakan tangan saya dan tidak dapat mengangkatnya.”

Baru setelah dokter melakukan CT scan pada Chan mereka menemukan parasit yang panjang dan bengkok di dalam otaknya. Dia didiagnosis dengan sparganosis mansoni, penyakit parasit langka, dan sampai hari ini petugas medis masih berusaha mencari tahu penyebab penyakitnya.

(Foto: Jiangsu Television)

“Begitu cacing masuk ke tubuh manusia, akan menyebabkan infeksi yang parah. Parasit akan ‘memakan’ otak dan merusak fungsinya, yang menyebabkan mati rasa di tangan dan kaki atau memengaruhi kecerdasan seseorang,” kata dokter pada sebuah situr video.

Meskipun Chen menerima diagnosisnya pada usia 18 tahun, ahli bedah terpaksa menunda pengangkatan parasit karena tidak berada di lokasi yang sesuai bagi mereka untuk mengeluarkannya dengan aman tanpa menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Sejak itu, dia menerima manajemen konservatif hingga operasi, yang berlangsung awal pekan ini, pada 25 Agustus.

(Foto: Pear Video)

Sekarang, Chan pulih dari operasi setelah petugas medis berhasil mengeluarkan cacing hidup, yang dikatakan berukuran panjang 12 sentimeter.

Mereka percaya parasit telah hidup di tubuhnya selama 17 tahun, sejak dia mulai mengalami mati rasa dan sakit kepala pada usia enam tahun. (yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular