Ntdtv.com- Perampokan terhadap kendaraan lapis baja pengangkut uang terjadi  pada 28 Agustus 2020 di kota Lyon, Prancis. Sekelompok orang bersenjata api menyerang kendaraan lapis baja itu, berhasil menggondol uang kontan sebesar EUR. 9 juta atau sekitar Rp. 157 milliar.  

Insiden itu terjadi sekitar pukul 9 pagi waktu setempat ketika kendaraan pengangkut uang itu keluar dari Bank of France di Lyon. Kendaraan langsung diserang oleh beberapa orang bersenjata. Terlihat dari rekaman bahwa kendaraan pembawa uang itu dibakar, hingga akhirnya hanya tersisa kerangka kendaraan.

Menurut media lokal, 2 mobil van milik perampok mengapit kendaraan pembawa uang dari depan dan belakang lalu mengancam pengemudi dengan senjata api. Setelah   berhasil menggondol uang, kedua mobil van itu meninggalkan tempat kejadian. Belakangan, 2 kendaraan itu ditemukan sudah ditinggalkan perampok dan sedang terbakar.

Kendaraan pengangkut uang itu milik perusahaan ‘Loomis’. Michel Tresch, kepala eksekutif perusahaan tersebut mengatakan kepada AFP bahwa perampokan itu  tergolong berani terjadi di pusat kota. Namun yang terpenting, petugas pengangkut uang, selamat.

Anggota serikat ‘Loomis’ mengatakan bahwa 3 orang pengawal uang kertas sangat ketakutan dan akan menerima perawatan dari psikolog.

Jaksa penuntut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tidak ada orang terluka di dalam kendaraan  pada saat kejadian.

“Tetapi kerugian materi mencapai EUR. 9 juta. Para perampok melarikan diri setelah melakukan kejahatan tersebut”, katanya.

Insiden ini diyakini sebagai perampokan serupa terbesar yang terjadi di Prancis sejak tahun 2009. Ketika itu perampok Toni Musulin berhasil menggondol hasil perampokan uang senilai EUR. 11,6 juta. Belakangan polisi  berhasil menyita sebagian besar uang yang dirampoknya. (sin/rp)

Video Rekomendasi

Share

Video Popular