Ntdtv, oleh Li Yun- Perusahaan Energi Atom Nasional Rusia (Rosatom) merilis sebuah film dokumenter yang mengungkapkan uji ledak ‘Tsar Bomba’. Film dokumenter yang berlabel Top Secret ini dirilis untuk memperingati 75 tahun industri energi atom Rusia. Durasi film ini adalah 40 menit.

Film tersebut menceritakan tentang Uni Soviet yang menjatuhkan bom hidrogen yang diberi kode ‘Ivan’ di Novaya Zemlya di Samudra Arktik pada 30 Oktober 1961 silam. Ini adalah bom paling kuat dalam ukuran, berat dan kekuatan penghancur di antara semua bom yang telah diledakkan dalam sejarah manusia.

Bom nuklir adalah bom hidrogen dengan ekuivalen dengan sekitar 50 juta ton bahan peledak TNT, daya penghancurnya adalah sekitar 3800 bom atom Hiroshima. Jauh melampaui bom hidrogen ‘Castle Bravo’ milik Amerika Serikat yang meledakkan reaksi nuklir 15 megaton di Bikini Atoll pada tahun 1954.

Istilah Tsar sering digunakan untuk menggambarkan benda-benda besar Rusia, seperti Lonceng Tsar dan Meriam Tsar. Sebuah bom nuklir dengan tonase dan daya penghancur yang begitu besar disebut bom Tsar (Tsar Bomba) oleh dunia Barat, dan orang Uni Soviet juga menerima gelar ini.

Tsar Bomba dikembangkan selama perlombaan senjata nuklir antara Uni Soviet dan Amerika Serikat dari tahun 1956 hingga 1961. Ini adalah bom hidrogen terbesar dalam sejarah.

Eksposur dokumenter tersebut termasuk dari tahap pengujian ‘Tsar Bomba’ hingga transportasi kereta api, kemudian menempatkan 26 ton bahan peledak ke dalam cangkang bom, dan akhirnya mengukur radiasi setelah ledakan. 

Bom nuklir pertama kali diangkut dengan kereta api ke Pangkalan Angkatan Udara Olanya, dan kemudian dijatuhkan oleh pembom strategis Tu-95 ‘Bear’. Ketinggian drop sekitar 10.500 meter, dan kemudian bom nuklir meledak pada ketinggian sekitar 4.000 meter.

Setelah ‘Tsar Bomba’ meledak di langit, menghasilkan bola api yang sangat besar. Bola api tersebut dapat dilihat dari jarak sekitar 1.000 kilometer, dan awan jamur yang terbentuk kemudian mencapai diameter maksimum sekitar 90,1 kilometer. Beberapa jam kemudian, setelah diperiksa oleh para ahli Soviet, semua area dalam radius puluhan kilometer berubah menjadi bumi hangus. ‘Tsar Bomba’ terlalu kuat dan tidak tepat digunakan dalam keperluan militer praktis.

Pemaparan video ledakan nuklir ‘Tsar Bomba’ bertujuan untuk membuat orang sadar akan kekuatan destruktif yang mengerikan dari senjata nuklir. (Sin/rp)

Video Rekomendasi

Share

Video Popular