Erabaru.net. MDZhB adalah nama stasiun radio misterius yang telah mengudara selama hampir empat dekade, tetapi belum pernah ada yang mengklaim beroperasi.

Dua puluh empat jam sehari, tujuh hari seminggu sejak 1982, MDZhB (diucapkan ‘MJB’) telah menyiarkan nada yang membosankan dan monoton diikuti dengan suara seperti peluit dua kali setiap beberapa detik.

(Foto:Pixabay)

Tapi sesekali, sekitar sekali atau dua kali seminggu, seseorang juga akan mengucapkan beberapa frase acak dalam bahasa Rusia, seperti “kolek” atau “ahli pertanian”, dan suara mendengung kembali terdengar.

Misteri MDZhB telah menarik perhatian para penggemar radio di seluruh dunia selama berabad-abad, dan teori mengenai tujuannya berkisar dari alat pemicu perang nuklir, hingga berkomunikasi dengan alien. Tapi, sejauh ini belum ada yang bisa memecahkan misteri stasiun radio ini.

Semua orang tampaknya tahu tentang MDZhB adalah bahwa itu memancar dari dua lokasi di Rusia, satu di daerah St. Petersburg dan satu lagi di Moskow.

Radio beroperasi pada frekuensi yang relatif rendah yang dikenal sebagai ‘gelombang pendek’ yang menjangkau jarak jauh, sehingga hampir semua orang di dunia dapat mendengarkannya hanya dengan menyetel radio di frekuensi 4625 kHz.

(Foto:Pixabay)

Seperti yang dapat Anda bayangkan, MDZhB bukanlah stasiun radio yang paling menarik untuk didengarkan, tetapi penggemar teori radio dan konspirasi telah mendedikasikan bertahun-tahun untuk mendengarkan suara mendengung dari stasiun ini dan frasa acak, dan banyak yang telah merumuskan teori mereka sendiri tentangnya tujuannya.

Yang paling masuk akal dari semua teori adalah bahwa MDZhB bertindak sebagai sinyal ‘Tangan Mati’. Dalam kasus serangan nuklir di Rusia, stasiun tersebut akan berhenti mengeluarkan emisi, memicu respons nuklir otomatis dari Rusia.

Sistem semacam itu dipelopori di era Soviet, dan beberapa ahli percaya bahwa sistem tersebut mungkin masih digunakan. Faktanya, Presiden Putin telah berulang kali menunjukkan bahwa tidak ada yang akan selamat dari perang nuklir antara Rusia dan AS, dan ada juga yang percaya bahwa stasiun radio misterius ini adalah pemicu perang nuklir.

Teori populer lainnya adalah bahwa MDZhB, juga dikenal sebagai “The Buzzer”, adalah alat komunikasi dengan jaringan mata-mata ilegal Rusia di seluruh dunia.

Namun hal itu tampaknya kurang masuk akal, karena selain frasa pendek yang diucapkan oleh suara pria atau wanita, tidak ada yang lain selain suara mendengung.

(Foto:Pixabay)

Penjelasan yang lebih menarik adalah bahwa dengungan hanyalah penanda untuk menghentikan orang menggunakannya, dan stasiun radio hanya benar-benar menjadi hidup pada saat-saat krisis, untuk menginstruksikan jaringan mata-mata Rusia dan militernya.

“Pada 2013 mereka mengeluarkan pesan khusus, ‘PERINTAH 135 ISSUED’ yang dikatakan sebagai pesan uji untuk kesiapan tempur penuh,” Māris Goldmanis, seorang penggemar radio yang mendengarkan stasiun dari rumahnya di negara-negara Baltik, mengatakan kepada BBC Future.

Untuk saat ini, tujuan sebenarnya dari MDZhB masih menjadi misteri, seperti halnya lokasinya. Beberapa orang mengklaim itu memancarkan dari rawa-rawa di luar Kota St Petersburg, kumpulan menara radio, bangunan terbengkalai dan kabel listrik yang dikelilingi oleh dinding batu. Tidak ada yang mengkonfirmasi bahwa itu benar. (yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular