Ntdtv.com- Larangan 118 aplikasi seluler Tiongkok tersebut adalah babak baru perlawanan India. Tak hanya Tencent “PUBG Mobile”, pemblokiran juga berlaku terhadap Taobao, Alipay, Baidu, Youku Video, Enterprise WeChat, WeChat Reading, dan aplikasi populer Sina News.

Kementerian Informasi dan Teknologi India mengeluarkan pernyataan yang menyatakan bahwa, 118 aplikasi tersebut secara diam-diam mengumpulkan dan membocorkan data pribadi pengguna tanpa izin. Disebutkan, tidak hanya membahayakan keamanan nasional dan ketertiban umum India, tetapi juga mengancam kedaulatan dan integritas India.

Langkah itu sudah menjadi gelombang ketiga dari larangan aplikasi buatan Tiongkok yang dikeluarkan oleh India. Pada tanggal 29 Juni dan 27 Juli tahun ini, India secara berturut-turut melarang 106 aplikasi Tiongkok termasuk TikTok dan WeChat versi luar negeri.

Pelarangan putaran ketiga dan putaran pertama, terjadi setelah bentrokan mematikan antara tentara Komunis Tiongkok dan tentara India di daerah perbatasan Himalaya. 

Menurut berita terbaru dari AFP, dalam konflik antara kedua belah pihak pada tanggal 29 Agustus, setidaknya seorang tentara India asal Tibet tewas. Namun sejauh ini, tidak ada pihak yang secara resmi mengumumkan jumlah korban jiwa. (Hui/asr)

Reporter NTD Qiao An laporan komprehensif

Video Rekomendasi

Share

Video Popular