Erabaru.net. Tidak ada yang lebih buruk daripada ingin pulang setelah hari yang melelahkan di tempat kerja untuk mengetahui bahwa sepeda Anda telah dicuri, tetapi sekarang seorang pria telah memikirkan cara jenius untuk menghentikan hal ini terjadi lagi.

Motoki Reoga, 29 tahun, dari Saitama, Jepang, merancang stiker yang terlihat seperti kotoran burung untuk diletakkan di sedel guna mencegah orang mencuri sepeda Anda. Maksud saya, tidak ada yang mau naik sepeda dengan kotoran burung di kursinya, bukan?

Motoki mendesain stiker itu sebagai bagian dari studinya di Kansei Design di Chiba Institute of Technology, yang kemudian dia menangkan hadiah pertama.

(Foto: Torinounchi / Makuake)

Menurut penelitian yang dilakukan Motoki, satu sepeda di Jepang dicuri setiap 15 menit. Dari 35.395 sepeda curian pada 2018, 42% di antaranya terkunci dengan benar; sesuatu yang mendorongnya untuk menciptakan ide inovatif.

Untuk melihat apakah teorinya berhasil, Motoki melakukan eksperimen sosial di mana dia menempatkan 1.000 sepeda dengan stiker kotoran burung di jalan tanpa menguncinya dengan benar. Selama lima hari, tidak ada sepeda dengan stiker yang dicuri.

Motoki meletakkan penemuan cerdasnya di situs crowdfunding Makuake dan berhasil mengumpulkan 450.000 yen (sekitar Rp 62 juta), melebihi target awalnya sebesar 200.000 yen (sekitar Rp 27 juta), lapor 9GAG.

(Foto: Torinounchi / Makuake)

Dia turun ke situs itu untuk berterima kasih kepada orang-orang atas sumbangan mereka.

“Terima kasih untuk bantuannya. Ini adalah pohon asli Proyek Kotoran Burung. Semua sumbangan telah dikirim dengan aman, dan crowdfunding pertama telah berakhir! Saya sangat senang bisa meraih sukses besar dengan dukungan banyak orang. Terima kasih banyak!” Tulis Motoki.

Stiker tersebut juga cocok untuk sepeda motor – namun, jika Anda tidak menyukai stikernya, Motoki juga telah membuat tempat duduk sepeda yang dapat dilepas dengan kotoran burung juga. (yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomenasi:

Share

Video Popular