Erabaru.net. Satu tim dokter sangat terkejut setelah berhasil mengangkat tumor ovarium yang besar dari perut seorang wanita di India berusia 52 tahun.

Intervensi menjadi tantangan bagi tim ahli bedah, setelah bekerja keras lebih dari 3 jam, tumor seberat 50 kilogram berhasil dikeluarkan dari perut wanita yang tidak disebutkan namanya.

Pasien itu mengatakan bahwa semuanya dimulai ketika berat badanya mulai bertambah dari waktu ke waktu, sampai dia melihat benjolan besar di perutnya yang menarik perhatiannya dan dia memutuskan untuk pergi ke dokter. Meski nyawanya terancam, dia memutuskan untuk menjalani operasi di Rumah Sakit Swasta Indraprastha Apollo di Delhi, India.

Tumor tersebut mewakili 45 persen dari berat tubuh wanita tersebut.Dokter menganggapnya sebagai tumor ovarium terbesar di dunia.

Arun Prasad, dokter yang menangani opersasi mengatakan, bahwa selama bertahun-tahun menjadi dokter, ini adalah pertama kalinya dia mengangkat tumor sebesar ini.

“Saya belum pernah menyaksikan hal seperti ini sebelumnya dalam profesi saya, ini lebih dari tiga dekade pengalaman. Kami harus menganggapnya sebagai keajaiban bahwa wanita itu pulih dengan baik setelah dioperasi selama lebih dari 180 menit, ” katanya.

Meski kondisi pasien mengkhawatirkan tim ahli bedah, untungnya semuanya berjalan dengan lancar.

Antara lain, pasien tidak dapat berjalan karena pembengkakan pada kakinya dan menderita anemia yang parah, sehingga dia harus menjalani transfusi darah sebelum dioperasi oleh dokter.

Mereka menekankan bahwa sungguh mukjizat bahwa pasien tidak mengalami gagal organ.

Para dokter menyebut operasi itu sebagai “pencapaian luar biasa”.

Pemulihan penuh diperkirakan membutuhkan waktu 4-6 minggu setelah operasi.

Secara umum, dua minggu pertama adalah yang paling sulit, tetapi dokter percaya bahwa pasien akan tetap istirahat total dan akan mengikuti petunjuk untuk memastikan kesembuhannya yang cepat dan memuaskan. (yn)

Sumber: viralistas

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular