Erabaru.net. Gurita berlengan 7 yang sangat langka ditemukan terdampar di sebuah pulau di Puget Sound di Washington, AS.

Hewan yang sangat langka itu ditemukan oleh seorang pria di Pantai Whidbey pada pagi hari tanggal 29 Agustus 2020.

Pria itu berkata bahwa masih terjadi air pasang ketika dia melihat gurita.

Dia mengirimkan gambar gurita tersebut ke organisasi satwa liar setempat, yang kemudian meneruskan gambar tersebut ke sejumlah pusat kehidupan laut.

Mereka mengidentifikasinya sebagai gurita berlengan 7.

Gurita berlengan 7 juga dikenal sebagai Haliphron atlanticus. Pada kenyataannya, mereka memiliki 8 lengan, tetapi salah satunya tersembunyi dan hanya ke luar saat kawin.

Para ahli percaya bahwa itu bisa jadi gurita merah Pasifik Timur atau cumi-cumi vampir, yang biasanya hidup di kedalaman 600 hingga 900 meter.

Bob Kiel, kepala teknisi di Seattle Aquarium, percaya bahwa gurita itu bisa jadi gurita dumbo, sejenis gurita yang mampu tumbuh hingga panjang 1,5 meter.

Gurita berlengan tujuh, alias Haliphron atlanticus, hidup di perairan yang lebih hangat di Samudra Atlantik, dan sangat tidak mungkin ditemukan di tempat seperti Washington.

Namun, perubahan iklim telah mengubah habitat biota laut.

Elaina Jorgensen, seorang ahli biologi kelautan di NOAA, mengatakan bahwa dia telah melihat gambar gurita berlengan 7 di lepas pantai British Columbia,

“Mungkin saja hewan ini hanyut ke Puget Sound selama badai minggu lalu dan mati karena kadar garam air rendah,” kata Elaina. “Gurita yang ditemukan itu dalam kondisi relatif baik.” (yn)

Sumber: allindiaroundup

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular