Erabaru.net. Dalam bidang kedokteran, tentunya akan ada beberapa kasus aneh yang muncul sesekali. Untuk dokter Malaysia dari Slim River, Perak ini, kasusnya aneh yang dia jumpai adalah sehelai rambut yang menyusup di telapak kaki seorang anak.

Menurut Harian Metro, pada 11 September, Dr Hanafi Yahya dikunjungi oleh sebuah keluarga dari Sungai Siput yang membawa anaknya yang berusia 8 tahun untuk berobat.

Dr Hanafi juga pendiri DOCMOVE, layanan bantuan medis untuk warga lanjut usia dan keluarga berpenghasilan rendah.

(Foto: twitter)

Dia melaporkan bahwa kejadian itu terjadi pada malam pertama saat keluarganya pindah ke rumah baru mereka. Anak itu dikatakan telah memberi tahu orangtuanya tentang merasakan sakit di kaki kanan. Hal ini menyebabkan para orangtua membawa anak tersebut untuk mendapatkan pengobatan dari dokter.

“Saya mendapat informasi bahwa rambut di telapak kaki anak bisa bergerak-gerak yang membuatnya aneh bagaimana sehelai rambut yang lembut dan kecil bisa masuk ke telapak kaki anak,” katanya, seperti dikutip di Harian Metro.

Anak itu harus menjalani operasi kecil selama 15 menit untuk menghilangkan rambutnya. Setelah operasi, rambut 1,5 sentimeter berhasil dihilangkan dari kaki.

(Foto: twitter)

Dr Hanafi mengingat kejadian ini sebagai salah satu kasus teraneh yang pernah dia tangani. Itu juga pertama kalinya dia harus mencabut sehelai rambut dari kaki seseorang.

Meski kasus seperti ini bisa dibilang langka, itu bukanlah sesuatu yang sepenuhnya mustahil. Setelah diteliti lebih lanjut, kondisi ini disebut serpihan rambut atau hair sliver. Ini terjadi ketika sehelai rambut melewati lapisan atas kulit.

Ini mungkin terdengar seperti cedera ringan dan tidak ada yang serius. Namun, serpihan rambut diketahui sangat menyakitkan dan bahkan dapat menyebabkan infeksi jika tidak mendapatkan penanganan serius.

Menurut laporan dari The Journal of Emergency Medicine, ada kasus serupa di Brasil di mana seorang pria pergi ke ruang gawat darurat setelah mengalami rasa sakit misterius di tumit kanannya yang semakin parah saat berjalan. Rasa sakit itu ternyata berasal dari sehelai rambut yang tertanam di kakinya.

Potongan rambut biasanya disebabkan oleh rambut yang baru dipotong, yang seringkali sangat tajam. Itu membuat rambut lebih mudah menembus kulit. (yn)

Sumber: worldofbuzz

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular