Erabaru.net. Tes COVID-19 yang memberikan hasil dalam 15 hingga 30 menit akan segera diluncurkan di seluruh dunia.

Sekitar 120 juta tes antigen cepat dari dua perusahaan akan dipasok ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah masing-masing seharga 5 dollar (sekitar Rp 75 ribu), dengan tujuan untuk mengekang penyebaran virus di negara-negara miskin.

(Foto: Unilad)

Salah satu tes, dari perusahaan Korea Selatan SD BioSensor, telah menerima persetujuan darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sementara yang lain, dari perusahaan AS Abbott, diharapkan segera mendapatkannya.

Kedua perusahaan membuat 20% dari produksinya disediakan ntuk negara berpenghasilan rendah dan menengah, sementara 80% lainnya akan digunakan untuk sisanya. Jerman telah memesan 20 juta tes, dengan Perancis dan Swiss mengikuti.

Tes antigen cepat yang disetujui WHO lebih cepat, lebih mudah dan lebih murah daripada tes virus yang telah digunakan selama ini.

(Foto: Unilad)

Hasil tes, yang terlihat seperti tes kehamilan dengan dua garis biru ditampilkan untuk hasil positif, akan dibaca oleh petugas kesehatan untuk memungkinkan skrining yang cepat dan mudah.

Tes berkualitas tinggi juga akan memungkinkan dilakukannya skrining massal terhadap petugas kesehatan, yang meninggal dalam jumlah yang tidak proporsional saat bekerja di garis depan di negara-negara berpenghasilan rendah. (yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular