oleh Wu Guobin – Direktur Klinik Pengobatan Tradisional Tiongkok ‘Xinyitang’ Taiwan

Sejak zaman dahulu, masyarakat telah mengetahui bahwa cuka memiliki khasiat mencegah atau menyembuhkan penyakit. Pengetahuan tentang cuka dan efek penyembuhannya terhadap gangguan kesehatan yang tercatat dalam buku pengobatan tradisional Tiongkok kuno, jauh lebih mendalam daripada penelitian dan pemahaman yang dilakukan saat ini.

Berikut ini adalah resep pembuatan dan cara mengkonsumsi kedelai cuka untuk membantu meredakan gangguan tekanan darah tinggi atau sembelit.

Cara pembuatan :

Bahan : 600mil cuka beras (cuka beras merah atau cuka biji-bijian), 200g kedelai.

  1. Masukkan cuka dan kedelai (tidak dicuci dengan air) ke dalam toples kaca bermulut lebar, tutup rapat kemudian letakkan pada suhu kamar selama 4 hari. Kedelai akan membengkak setelah menyerap cuka dan menjadi lembut dan lunak.
  2. Mulai hari kelima, masukkan toples ke dalam lemari es. Ambil sumpit atau sendok bersih pada saat mau dikonsumsi.

Keterangan :

Untuk mencapai efek menurunkan tekanan darah atau menghilangkan sembelit, kedelai cuka sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Pada awalnya, Anda bisa mengkonsumsi 5 butir setiap hari, dan setelah Anda mulai terbiasa bisa ditingkatkan menjadi 10 butir setiap hari.

Cuka bekas rendaman kedelai sebaiknya tidak digunakan lagi karena rasa astringent yang tajam dari kedelai telah larut ke dalamnya sehingga mengurangi rasa cuka. (sin)

 

Share

Video Popular