Pada hari Senin, 5 Oktober pukul 15.00 waktu setempat, Dr. Sean Conley, dokter Presiden Trump beserta timnya mengadakan konferensi pers yang juga dihadiri oleh sejumlah besar pendukung Trump di depan pintu Rumah Sakit Pusat Walter Reed. Trump menyampaikan pesannya lewat Twitter yang menyebutkan bahwa dirinya akan keluar dari rumah sakit pada pukul 18:30. New Tang Dynasty dan Epoch Times bersama-sama melakukan siaran langsung untuk pemirsa di seluruh dunia

Epochtimes/NTD

Sejak Trump mengumumkan pada dini hari Jumat lalu 2 Oktober 2020, bahwa dirinya terinfeksi coronavirus atau dengan nama lainnya virus komunis Tiongkok, ia tiba di Pusat Medis Walter Reed pada pukul 6 sore untuk melakukan isolasi mandiri dan perawatan. 

Selama beberapa hari itu baik siang maupun malam, ada banyak warga yang datang dan berkumpul di pintu masuk rumah sakit. Beberapa orang bahkan tinggal di sana untuk berdoa demi kesembuhan Trump.

Pada hari Senin, 5 Oktober 2020, masih banyak warga yang mengibarkan bendera atau mengangkat plakat buatan sendiri yang bertuliskan Trump di depan rumah sakit. Termasuk banyak balon dan bunga yang ditempatkan di sekitar kejadian. Ada juga buku untuk ditandatangani oleh warga, sebagai ungkapan dukungan untuk Trump agar segera pulih.

Sejumlah Besar Orang Berjaga di Gerbang Rumah Sakit. Trump keluar dari rumah sakit dengan naik helikopter ke Gedung Putih

Trump menyampaikan pesannya lewat Twitter yang menyebutkan bahwa dirinya akan keluar dari rumah sakit pada pukul 18:30 watku setempat. Dan mengatakan bahwa dirinya merasa lebih baik daripada 20 tahun yang lalu.

Sekitar pukul 18:45, Trump naik helikopter kembali ke Gedung Putih. Orang-orang dari berbagai etnis dan latar belakang memandangi helikopter mengudara dari depan rumah sakit dan meneriakkan slogan-slogan yang mendukung. 

Helikopter sempat terbang rendah di udara dan mengitari kerumunan pendukung sebagai ungkapan terima kasih dari Trump. Mobil yang lewat pun terus membunyikan klakson sebagai pernyataan dukungan mereka.

Daerah ini merupakan daerah biru tua yang mendukung Partai Demokrat, Jarang sekali bisa melihat begitu banyak orang berkumpul di sini untuk mendukung Trump yang berasal dari Partai Republik. Mengapa mendukung Trump ? Orang-orang yang hadir mengatakan kepada wartawan Epoch Times : “Trump adalah seorang patriot”. “Trump memiliki rasa peduli terhadap warga dari semua tingkatan”. 

Orang yang hadir juga menuturkan : “Kebijakan Trump sangat baik”. Selain itu, ada juga yang berkata :”Trump adalah pemimpin yang dibutuhkan Amerika Serikat”. “Trump benar-benar mencintai Amerika Serikat,  mendukung gagasan konservatifnya.”

Sekitar pukul 19:45, sebagian besar pendukung sudah meninggalkan halaman rumah sakit. Pinggir jalan dipenuhi dengan bunga, lilin, dan plakat yang digantung di tiang lampu jalan yang bertuliskan harapan kesembuhan Trump secepatnya. 

Beberapa orang yang belum pulang terlihat sedang sibuk merapikan dan membersihkan lokasi. Seorang wanita mengatakan bahwa, ia akan mengirim bunga-bunga tersebut ke halaman di luar Gedung Putih agar Presiden Trump dapat melihatnya esok pagi.

 

Pada 5 Oktober, Trump keluar dari Walter Reed Medical Center dan kembali ke Gedung Putih. (Saul Loeb/AFP)
Pada 5 Oktober, Trump keluar dari Walter Reed Medical Center dan kembali ke Gedung Putih. (Saul Loeb/AFP)

Pada 5 Oktober, Trump keluar dari Walter Reed Medical Center dan kembali ke Gedung Putih. Sejumlah pendukung sedang mengambil gambar. (Olivier Douliery/AFP/Getty Images)

(Photo by Olivier DOULIERY / AFP) (Photo by OLIVIER DOULIERY/AFP via Getty Images)

Sekitar pukul 17:30 waktu setempat di depan pintu gerbang rumah sakit tempat Trump dirawat, para polisi keluar seakan-akan mau membukakan jalan. Di seberang rumah sakit masih terlihat banyak warga yang mengibarkan bendera, ada yang berjoget riang sambil menunggu Trump keluar. Sejumlah besar media juga hadir siang dan malam.

Sekitar pukul 17:30 di depan pintu gerbang rumah sakit tempat Trump dirawat, para polisi keluar seakan-akan mau membukakan jalan. (Epoch Times)

 

Konferensi pers tim dokter yang merawat Presiden Trump

Pada pukul 15:00 waktu setempat, Dr. Sean Conley dan timnya mengadakan konferensi pers.

Menurut para dokter, kondisi Presiden Trump sangat baik. Dalam 72 jam terakhir, dia tidak demam, tidak ada masalah pernapasan, semuanya normal, termasuk makan dan minum. Karena itu, tidak ada masalah untuk membiarkan Presiden Trump kembali ke Gedung Putih melanjutkan tugas-tugasnya sebagai kepala negara.

video : https://www.youtube.com/watch?v=W5RDLO8WCzA&feature=emb_logo

Menanggapi kekhawatiran wartawan, dokter mengatakan bahwa meskipun presiden kembali ke Gedung Putih, ia akan terus menggunakan pengobatan saat ini. Banyak dokter berada di sisinya dan pusat medis tetap memberikan dukungan dari belakang.

Dokter mengatakan bahwa orang-orang di sekitar Trump cukup aman, dan Trump dapat kembali bekerja, Dia dalam kondisi sangat baik. Ketika ditanya tentang beberapa detail, dokter mengatakan bahwa tidak nyaman untuk mengungkapkan informasi pribadi.

Saat seorang wartawan menanyakan tentang masa karantina, dokter mengatakan bahwa pengawasan tetap dilakukan, tim dokter tetap berada di sisi presiden selama 24 jam dan tidak akan melewatkan masa pengobatan.

Dokter juga mengatakan bahwa Trump adalah pasien yang luar biasa, dia sangat kooperatif, dan memiliki komunikasi yang baik dengan dokter. Selain membahas cara yang paling aman, Trump juga tidak pernah mendesak kita.

Dokter Kepresidenan Sean Conley (C) menggelar konfrensi pers 5 October  2020, di Walter Reed Medical Center in Bethesda, Maryland.  (Photo by SAUL LOEB / AFP) (Photo by SAUL LOEB/AFP via Getty Images)

Trump berpesan lewat Twitter : Mari memberikan suara !

Sebelumnya, kepala staf Gedung Putih, Mark Meadows mengeluarkan pernyataan bahwa dirinya telah melakukan percakapan dengan presiden di pagi hari dan kondisi kesehatan Trump telah pulih dengan cepat. Selain itu, sudah siap untuk kembali bekerja.

Meadows juga mengatakan bahwa Trump akan bertemu dengan dokter dan perawat untuk mengevaluasi kondisinya. Gedung Putih merasa optimis Trump dapat meninggalkan rumah sakit pada Senin sore.

Pada 5 Oktober pagi, Trump telah mengirim 18 tweet berturut-turut dalam waktu 1 jam dengan isi memberitahu kepada para pemilih Amerika Serikat mengapa mereka harus memilih dirinya : Berikan suara demi pasar saham yang naik ! Berikan suara atas kekuatan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya. Berikan suara atas dukungan konstitusi dan ketertiban. Berikan suara untuk kebebasan beragama. Berikan suara untuk mencintai kehidupan …

Pada 4 Oktober Presiden mendengarkan briefing keamanan nasional global di rumah sakit. Pejabat senior pemerintah yang hadir pada pertemuan itu mengatakan bahwa tidak ada lawan asing yang mencoba untuk memanfaatkan kondisi kesehatannya. Bahkan mereka mengungkapkan bahwa suara presiden masih terdengar lantang, dengan kondisi fisik atau mentalnya yang tidak terlihat ada kejanggalan.

Pada 4 Oktober malam, Presiden Trump memposting video di Twitter dan mengatakan : “Ini adalah perjalanan yang sangat menarik. Saya telah belajar banyak tentang COVID-19 (setelah tertular)”. “Saya belajar dari praktik nyata. Ini adalah sekolah yang sebenarnya”. Dia juga mengatakan bahwa pengalamannya akan dipublikasikan.

Trump mulai merasakan gejala terinfeksi virus komunis Tiongkok (COVID-19) mulai pada Jumat, 2 Oktober dini hari, lalu ia men-tweet bahwa dirinya bersama ibu negara terinfeksi dan berangkat ke Rumah Sakit Walter Reed, Maryland pada pukul 6 sore.

Namun pada hari Sabtu, 3 Oktober pagi tim dokter yang menangani Presiden Trump mengatakan bahwa secara keseluruhan situasi presiden tergolong cukup baik.

Dalam beberapa hari terakhir,  sejumlah warga secara spontan datang ke pintu gerbang rumah sakit untuk mengibarkan bendera atau mengangkat plakat buatan sendiri yang bertuliskan Trump, mobil-mobil pribadi yang lewat membunyikan klakson. Bahkan ada yang berdiri di atas kap mobil dengan melambaikan tangan sebagai ungkapan untuk dukungan Trump, berharap Trump segera pulih.

Pada hari Jumat sekitar pukul 14:30 waktu setempat, Presiden Trump memposting sebuah gambar di Twitter dan melampirkan pesan : Bersiaplah untuk memberikan suara. Sekitar pukul 5 sore, Trump muncul di luar rumah sakit, menyapa dan mengacungkan jempol kepada para pendukungnya dari dalam mobil yang ditumpangi. (sin/asr)

 

Share

Video Popular