Erabaru.net. Setan Tasmania telah kembali ke daratan Australia untuk pertama kalinya dalam 3.000 tahun.

Kelompok konservasi melepaskan 26 marsupial karnivora ini ke tempat perlindungan yang besar di Barrington Tops, utara Sydney, Australia.

(Foto: AussieArk / Handout via Reuters)

Hewan-hewan tersebut telah ditempatkan di tempat perlindungan untuk membantu menjaga peluang bertahan hidup mereka tetap tinggi. Mereka tidak memiliki persediaan makanan, air atau tempat berteduh.

“Dalam 100 tahun, kita akan melihat kembali hari ini sebagai hari yang menggerakkan pemulihan ekologi seluruh negara,” kata Tim Faulkner, presiden Aussie Ark.

“Ini bukan hanya pelepasan kembali salah satu hewan kebanggan Australia, tetapi juga hewan yang akan merekayasa seluruh lingkungan di sekitarnya, memulihkan dan menyeimbangkan kembali ekologi hutan kita setelah berabad-abad kehancuran akibat rubah dan kucing yang diperkenalkan dan predator invasif lainnya.”

(Foto: WildArk)

Selain membantu mengendalikan populasi kucing dan rubah liar, setan Tasmania juga merupakan pemakan bangkai, yang akan membantu menjaga lingkungan agar bebas dari penyakit.

“Mereka bebas. Mereka di luar sana,” kata Faulkner pada National Geographic. “Kami punya beberapa cara dasar untuk mengawasi mereka. Tapi pada dasarnya, sekarang terserah pada setan Tasmania untuk melakukan apa yang mereka lakukan.”

Aussie Ark berencana untuk melepaskan lebih dari 40 ekor setan Tasmanian selama dua tahun ke depan. (yn)

Sumber: sunnyskyz

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular