NTD Asia Pasific

Beragam berita mulai dari insiden beras beracun sering terjadi di daratan Tiongkok hingga penolakan permohonan imigrasi dari anggota Partai Komunis di Amerika Serikat.

Insiden beras beracun sering terjadi di daratan Tiongkok. 

Baru-baru ini, Depot Transit Cadangan Biji-bijian Nasional di Yangjiang, Provinsi Guangdong membeli lebih dari 2.500 ton beras dengan kadmium yang melebihi standar dari Kabupaten You di Provinsi Hunan selama dua hingga tiga tahun. Kinerja pemerintah dikritik  publik.

Selisih harga antara harga dalam negeri dan luar negeri adalah 37 kali lipat, Komunis Tiongkok menjual vaksin di kritik sebagai “Pengkhianat negara”.

Vaksin virus Komunis Tiongkok yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan Tiongkok belum lolos uji klinis terakhir, namun sudah tergesa-gesa ingin menjualnya ke dunia luar. Tindakan itu dituding sembrono dan membahayakan. 

Selain itu, vaksin tersebut dijual dengan harga tinggi yakni, 1.000 yuan di Tiongkok, sedangkan di luar negeri harganya sangat murah.  Bahkan diklaim akan diberikan secara gratis, dengan selisih harga 37 kali lipat. Hal ini juga menimbulkan amarah warganet Tiongkok. 

Dipengaruhi oleh penurunan ekonomi, harga rumah di Yanjiao sekitar Beijing anjlok.

Wilayah metropolitan Beijing-Tianjin-Hebei yang diwakili oleh Beijing pada umumnya menghadapi tekanan penurunan ekonomi. Dalam beberapa tahun terakhir, harga rumah di kawasan Beijing secara umum turun lebih dari 40%. Banyak agen real estat telah bangkrut dan menutup bisnis mereka. Bahkan ada kasus di mana agen real estat beralih ke penjualan sayuran secara paruh waktu.

Amerika Serikat melarang imigrasi anggota Partai Komunis dan membahayakan partai bawah tanah di Hong Kong?  

Layanan Imigrasi Amerika Serikat baru-baru ini mengumumkan peraturan baru yang akan menolak permohonan imigrasi dari anggota Partai Komunis. Selain menunjuk ke Komunis Tiongkok, ratusan ribu “anggota partai bawah tanah” dan banyak organisasi pro-Beijing di Hong Kong juga dapat terkena dampaknya. 

Kelompok pro-komunis seperti Federasi Serikat Buruh dan Aliansi Demokratik untuk Perbaikan Tiongkok semuanya dapat dianggap sebagai organisasi yang berafiliasi dengan Partai Komunis. 

Mantan Sekretaris Jenderal Hong Kong, Huang Zhifeng memprakarsai laporan pelanggaran hak asasi manusia yang berniat berimigrasi ke Amerika Serikat, dan membiarkan mereka “tinggal di Greater Bay Area selama beberapa generasi.” (hui)

Share

Video Popular