Erabaru,net. Kita semua tahu betapa menakutkannya senjata nuklir, tetapi pernahkah Anda berpikir tentang apa yang sebenarnya akan terjadi jika dijatuhkan di kota terdekat?

Nah, simulasi video ini menunjukkan hal itu – dan dampaknya sangat dahsyat.

Video tersebut dibuat oleh pembuat film dokumenter Neil Halloran bekerja sama dengan panitia Hadiah Nobel Perdamaian.

Klip berdurasi delapan menit itu memvisualisasikan apa yang akan terjadi jika bom nuklir berukuran 100 kali lebih besar dari yang dijatuhkan di Hiroshima menghantam kota berpenduduk 4 juta orang. Dan, ya, itu seburuk kedengarannya.

Ini membawa kita melalui berbagai tahap ledakan nuklir yang mengerikan, dimulai dengan dampak langsung dari ledakan, yang akan menyebabkan bola api yang lebih panas dari Matahari membakar semua orang dan segala sesuatu dalam radius 800m dari titik ledakan.

Halloran juga mengatakan bahwa semua bangunan dalam radius 2 km kemungkinan besar akan hancur total. 120.000 orang akan tewas seketika, dan itu bahkan sebelum kita mulai memikirkan tentang dampak radiasi.

Bagi mereka yang kurang beruntung berada di luar antara 2-11 km dari ledakan, panas dari bom hampir pasti akan mengakibatkan luka bakar tingkat tiga, dan dalam beberapa kasus, bahkan bisa membakar pakaian.

Kira-kira setengah dari populasi di daerah ini akan terbunuh, baik dengan luka bakar, puing-puing yang jatuh dari bangunan yang hancur, atau dalam beberapa hari dan minggu kemudian karena penyakit radiasi akut.

Itu berarti setengah juta orang lagi, sudah dua sampai tiga kali lebih banyak dari jumlah korban tewas di Hiroshima dan Nagasaki.

Dalam simulasi ini, 100.000 orang lainnya terbunuh oleh radiasi dari partikel yang terkontaminasi yang menyebar di luar zona 11 km, tetapi Halloran mengatakan ini adalah jumlah yang ‘relatif kecil’, dan dapat meningkat tergantung pada lokasi ledakan dan bahkan cuaca.

Jadi, jika Anda tetap di dalam, atau memiliki tetangga yang ramah yang akan membiarkan Anda masuk ke tempat perlindungan mereka, Anda mungkin baik-baik saja.

Pemboman Nagasaki.

Menurut Halloran, meskipun ‘tidak ada angka yang dapat menjelaskan kehancuran yang akan terjadi’, melalui simulasinya dimungkinkan untuk membuat perkiraan yang tepat tentang jumlah kematian. Untuk konteksnya, antara 129.000 dan 226.000 orang tewas ketika Amerika Serikat menjatuhkan bom nuklir di Hiroshima dan Nagasaki.

Halloran mengatakan dia membuat video untuk menarik perhatian pada bahaya teknologi senjata baru, dan memperingatkan bahwa kita bisa melihat dimulainya perlombaan senjata baru. Namun tidak semua malapetaka dan kesuraman – dia optimis bahwa jika negara memilih untuk bekerja sama, skenario mimpi buruk ini mungkin tidak akan pernah menjadi kenyataan.(yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular