Erabaru.net. Politisi di Belanda telah menyetujui rencana untuk mengizinkan anak-anak yang sakit parah berusia antara satu hingga 12 tahun untuk menjalani eutanasia.

Eutanasia saat ini legal di Belanda untuk anak-anak di atas usia 12 tahun, selama mereka mendapat persetujuan dari pasien dan orangtua mereka. Ini juga legal untuk bayi di bawah usia satu tahun, sekali lagi dengan izin orangtua.

Sekarang, diharapkan mengubah aturan untuk mencakup anak-anak antara satu hingga 12 tahun akan mencegah beberapa anak dari ‘menderita tanpa harapan dan tak tertahankan’, menurut Menteri Kesehatan Belanda, Hugo de Jonge.

Subjek kontroversial tersebut telah memicu perdebatan berbulan-bulan di antara Pemerintah Belanda, yang terdiri dari koalisi empat partai.

Akhirnya, politisi berhasil menyetujui persetujuan rencana tersebut, namun de Jonge sekarang perlu menyusun peraturan baru untuk mengikuti praktik tersebut.

Sesuai BBC, de Jonge menulis surat kepada Parlemen Belanda yang berbunyi:

“Studi tersebut menunjukkan bahwa ada kebutuhan untuk penghentian aktif kehidupan di antara para dokter dan orangtua dari anak-anak yang sakit tak tersembuhkan, yang menderita putus asa dan tak tertahankan dan akan meninggal dalam waktu dekat.”

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa sekitar lima hingga 10 anak akan terpengaruh oleh perubahan aturan tersebut.

Aturan baru tidak membutuhkan undang-undang baru untuk dibuat. Sebaliknya, dokter akan dibebaskan dari penuntutan terkait eutanasia pada anak-anak berusia antara satu hingga 12 tahun.

Sama seperti undang-undang saat ini yang berlaku untuk anak-anak di atas ambang usia, orangtua perlu menyetujui prosedur tersebut dan setidaknya dua dokter harus setuju bahwa anak tersebut mengalami ‘penderitaan yang tak tertahankan dan tak berkesudahan’.

Semua baik-baik saja, perubahan aturan baru akan mulai diterapkan di Belanda dalam beberapa bulan mendatang.

(Foto: Unilad)

Eutanasia menurut definisi adalah ‘pembunuhan tanpa rasa sakit dari pasien yang menderita penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan menyakitkan atau dalam keadaan koma yang tidak dapat disembuhkan’, dan kadang-kadang disebut sebagai bunuh diri dengan bantuan.

Ini telah legal di Belanda sejak 2002, ketika menjadi negara pertama di dunia yang melegalkan praktik tersebut, meskipun di bawah peraturan yang sangat ketat. Beberapa bulan kemudian, Belgia mengikutinya.

Kemudian, pada tahun 2014, Belgia menjadi negara pertama yang mengizinkan eutanasia anak secara sukarela jika mereka sangat menderita dan mendapat persetujuan orangtua. Belanda kemudian memperkenalkan aturan yang sama untuk anak-anak di atas usia 12 tahun.(yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular