Pihak berwenang Mesir baru-baru ini mengumumkan bahwa para arkeolog mereka berhasil menemukan kumpulan sarkofagus (peti jenazah yang terbuat dari batu) kuno berusia lebih dari 2.500 tahun yang terkubur di sebuah pemakaman besar di selatan ibukota Kairo. Jumlahnya mencapai lebih dari 80  sarkofagus. Perdana Menteri Mesir secara pribadi mengunjungi situs tersebut untuk menyaksikan

 oleh Zhang Yufei

Pejabat Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir dalam pernyataannya pada Senin (19 Oktober 2020) menyebutkan bahwa sarkofagus yang terkubur dalam tanah  pemakaman di Saqqara tersebut, telah berusia melebihi 2.500 tahun dan masih dalam keadaan rapi tersegel. 

Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mesir (The Supreme Council of Antiquities) mengatakan bahwa, selain menemukan lebih dari 80 peti jenazah dari batu kuno, para arkeolog Mesir juga menemukan patung kayu berwarna-warni yang bersepuh emas.

Rincian spesifik tentang temuan baru ini, rencana akan diumumkan pada kesempatan konferensi pers Pyramid of Djoser, yang juga dikenal sebagai Step Pyramid.

Disebutkan bahwa Perdana Menteri Mesir Mustafa Madbouly dan Menteri Pariwisata dan Purbakala Mesir Khalid el-Anany, mengunjungi daerah itu pada hari Senin termasuk lokasi penemuan arkeologi baru ini.

Setengah bulan yang lalu, di lokasi yang sama juga ditemukan 59 sarkofagus yang berada dalam kondisi rapi tersegel, yang mana sebagian besar di dalamnya masih berisi sebuah mumi yang terawat baik.

Pemerintah Mesir terus gencar mempromosikan penemuan arkeologisnya, tak lain untuk meningkatkan industri pariwisata yang belakangan ini terpukul keras oleh revolusi Mesir sejak tahun 2011 dan tahun ini dilanda oleh pandemi virus komunis Tiongkok.

Situs Saqqara adalah bagian dari kota Mesir kuno, Memphis. Di daerah tersebut terdapat Piramida Giza yang terkenal itu, serta beberapa piramida kecil yang terletak di Abusir dan Dahshur.

Situs Memphis telah terdaftar di UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1970-an. Di dataran tinggi tersebut terdapat setidaknya 11 buah piramida termasuk Piramida Djoser, dan ratusan makam pejabat kuno pada masa dinasti pertama Mesir (sekitar 2920 SM – 2770 SM) hingga periode Koptik (395-642).  (sin)

Share

Video Popular