Erabaru.net. Día de Los Muertos (bahasa Spanyol yang berarti Hari Raya Kematian) dirayakan dengan upacara dan altar setiap tanggal 1 dan 2 November dan merupakan salah satu festival tertua dan paling representatif di Meksiko. Di antara ikon yang paling menonjol, adalah apa yang disebut Catrina.

Awalnya disebut calacas dan calaveras (kerangka dan tengkorak), karakter yang diciptakan oleh kartunis José Guadalupe Posada dan yang bahkan mempengaruhi karya bergambar muralis Diego Rivera, adalah sosok kerangka wanita memakai topi yang dihiasi dengan bunga dari semua warna.

Belum lama ini gambar yang sama dari Catrina dengan topi tampaknya telah muncul di atas Gunung Popocatepetl, gunung berapi aktif yang terletak di Meksiko tengah.

Gambar aneh itu terekam kamera dan segera menyerbu semua platform dan jejaring sosial dengan ratusan komentar dari semua jenis, bahkan ada yang bertanya-tanya apakah itu bukan pertanda buruk karena tahun 2020 yang sudah terpukul oleh pandemi.

Esme Álvarez, wanita muda yang membagikannya di jejaring sosial, menyebutkan bahwa dia dan keluarganya setuju bahwa bentuk abu vulkanik yang diambil tidak dapat disangkal adalah seperti sosok Catrina yang mengenakan topi.

Namun, mengingat kekhawatiran beberapa orang bahwa itu pertanda buruk, wanita muda itu meyakinkan pengguna dengan menjelaskan bahwa mungkin itu hanya pengumuman bahwa Hari Raya Kematian sudah dekat.

“… Itu diedit, saya melihatnya juga. Saya tidak tahu apakah itu Catrina, tapi tengkorak bertopi ,” tulis salah satu komentar dalam publikasi.

Pada platform yang sama di mana formasi aneh itu diterbitkan, Álvarez meyakinkan bahwa foto itu belum diedit, apalagi itu montase, itu diambilnya saat bangun pagi

“Ya, saya mengambilnya pagi ini. Sedikit kebiasaan keluarga, wajah tersenyum dengan mulut terbuka dan keringat dingin, ”tulisnya.

Tidak seperti tempat lain (yang diasosiasikan dengan rasa takut), tengkorak memiliki makna yang sangat positif di Meksiko pada Hari Raya Kematian, karena dalam budaya Maya, tengkorak mewakili semacam kelahiran kembali. Faktanya, simbol-simbol tersebut sekarang dijual dalam bentuk manisan dan juga diisi dengan coklat.

Bunga juga memiliki arti yang simbolis. Banyak corak tengkorak yang tampak dikelilingi bunga, terutama marigold. Marigold yang menurut suku Aztec memiliki khasiat spiritual karena membantu menuntun jiwa orang yang meninggal.

Bagaimanapun, kita tidak perlu takut pada Catrina, karena namanya berasal dari “catrín”, seorang wanita yang anggun dan berpakaian bagus. Dari kombinasi tengkorak dan bunga, karakter ini lahir begitu khas sehingga sekarang menjadi simbol dalam banyak perayaan, bahkan di luar Meksiko. (yn)

Sumber: viralistas

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular