Erabaru.net. Dokter di Tiongkok telah mengeluarkan apa yang oleh mereka sebut ‘parasit besar’ dari tubuhnya seorang pria, setelah dia menderita infeksi parah karena kebiasaan makannya.

Petugas medis terkejut menemukan saluran empedu pria berusia 50 tahun itu, sebuah tabung yang menghubungkan hati dan usus kecil, penuh dengan cacing hidup selama pemindaian sinar-X.

Pasien mengatakan kepada wartawan bahwa dia menikmati makan ikan mentah, hidangan daerah yang dikenal dengan rasa ‘segar’, sebagai makanan biasa selama lebih dari tiga dekade.

Insiden itu terungkap setelah pria itu, yang tidak disebutkan namanya, baru-baru ini dirawat di Rumah Sakit Afiliasi Pertama Universitas Kedokteran Guangxi di Kota Nanning, Tiongkok bagian selatan.

Saat memeriksa pasien dengan CT scan, dokter terkejut melihat saluran empedunya dipenuhi parasit hidup, beberapa sebesar biji bunga matahari, menurut media setempat.

Saluran empedu adalah serangkaian tabung tipis yang mengalir dari hati ke usus kecil.

Sebagai bagian dari sistem pencernaan, tabung memindahkan cairan yang disebut empedu dari hati dan kantong empedu ke dalam usus kecil, di mana ia membantu mencerna lemak dalam makanan.

Pria itu menjalani operasi untuk mengeluarkan cacing hidup dari tubuhnya.

Gambar yang dirilis oleh Nanning Television menunjukkan lebih banyak parasit mati yang dikeluarkan dari tubuh pasien melalui tabung plastik setelah operasi.

Pria berusia 50 tahun itu didiagnosis menderita klonorkiasis – penyakit yang disebabkan oleh sejenis cacing parasit yang umumnya dikenal sebagai cacing hati oriental, yang biasanya ditemukan pada ikan dan udang.

Pria itu mengaku sudah rutin makan ikan mentah, yang merupakan kelezatan daerah selama 32 tahun terakhir.

Sambil menikmati makanan, para pencinta kuliner ini juga akan meminum minuman keras yang dia yakini dapat mendisinfeksi daging mentah.

“Saya akan makan ikan mentah dan seteguk alkohol,” kata pasien itu kepada wartawan. “Saya pikir itu bisa membunuh parasit dengan cara itu.”

Dipercaya bahwa pria itu sedang dalam pemulihan di rumah sakit setelah dioperasi.

Sekitar tiga hingga lima juta orang di Tiongkok menderita penyakit ini karena kebiasaan penduduk setempat makan makanan laut mentah, menurut laporan.

Awal tahun ini, seorang pria lain dari Provinsi Sichuan, barat daya Tiongkok, separuh hatinya diangkat setelah organ itu terinfeksi parah oleh parasit.

Pasien mengatakan kepada dokter bahwa dia sengaja makan ikan setengah matang karena rasa dagingnya lebih enak. (yn)

Sumber: dailymail

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular