Erabaru.net. Liberia Chimpanzee Rescue And Protection (LCRP) medapat laporan dari orang tak dikenal dan segera memobilisasi sukarelawannya. Mereka memasuki toko klontong di Kakata, Liberia, untuk menemukan simpanse kecil di dalam kotak kardus.

Hewan kecil yang malang itu bergoyang-goyang karena trauma, dan dia berpegangan erat pada sehelai kain tua agar terasa hangat dan nyaman.

Pemandangan itu benar-benar memilukan, terutama karena bayi itu dikurung di tempat itu selama berbulan-bulan.

Jenny Desmond, pendiri LCRP, percaya ibu simpanse mengalami nasib buruk. Sangat mungkin bahwa induknya diambil darinya untuk dijual di pasar gelap untuk daging hewan eksotis, meninggalkan bayi yatim piatu dan sebagai hewan peliharaan.

Chance, yang merupakan nama dari simpanse, baru berusia satu tahun dan tidak ada yang merawatnya dengan baik. Orang yang memisahkan dari induknya tampaknya tidak terlalu peduli padanya. Mereka hanya memasukkannya ke dalam kotak karuds dan meninggalkannya di sudut.

Hidup dengan kondisi seperti ini memiliki konsekuensi serius pada perilaku simpanse. Bergoyang dan memeluk selembar kain adalah indikator stres yang jelas, kurang gizi dan perhatian. Para penyelamat juga memperhatikan tatapan sedih dan kosong di matanya.

Para sukarelawan dengan cepat mengambilnya dari toko dan mengganti selembar kain kotornya dengan selimut hangat yang bagus.

Chance yang malang kurang berkembang untuk usianya dan sepertinya memiliki semacam penumpukan cairan di kepalanya yang mungkin karena cedera.

Gadis kecil yang malang itu dipindahkan ke pusat rehabilitasi LCRP dan dalam waktu singkat tim penyelamat menyaksikan perubahan yang mengejutkan dalam perilaku dan sikapnya.

Dia menjadi tidak lagi bergantung pada selimut karena kebutuhannya untuk mencari kenyamanan eksternal berkurang. Mulai berhenti bergoyang-goyang dan mulai berdiri. Dia bahkan mengulurkan tangannya untuk memeluknya.

 

Dia akan mendapat perawatan 24 jam selama bertahun-tahun yang akan datang sehingga dia dapat tumbuh kuat dan sehat. Peluang mungkin akan kembali ke alam liar suatu hari nanti, tapi itu proses yang panjang dan kompleks.

Setelah diselamatkan dari nasib buruknya, Chance bergerak menuju kehidupan yang bahagia, ditemani simpanse lain yang, seperti dia, yang telah diselamatkan dari situasi yang kejam dan tidak menentu.(yn)

Sumber: zoorprendente

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular