Erabaru.net. Sebuah helikopter yang membawa jantung manusia yang disumbangkan ke sebuah rumah sakit di Los Angeles, AS, jatuh di atap pada hari Jumat (6/11), organ berhasil diselamatkan dan saat dibawa tim medis terjatuh sebelum akhirnya berhasil ditransplantasikan.

Untunglah tiga orang yang berada di dalam helikopter berhasil selamat tanpa cedera serius, meskipun terjadi kecelakaan di atap yang mengerikan.

Video amatir secara dramatis menunjukkan helikopter ambulans berputar di luar kendali beberapa saat sebelum pilot mendaratkannya di atap Rumah Sakit Keck di Boyle Heights tepat pada pukul 15:15 pada hari Jumat.

Saat helikopter medis AgustaWestland AW109 turun menuju helipad, tiba-tiba helikopter tersebut mulai berputar dan berbelok ke tepi atap sebelum mendarat dengan posisi miring.

Pejabat rumah sakit mengatakan tidak ada orang di dalam atau di sekitar tempat kejadian yang terluka. Orang yang lewat di luar berlari setelah puing-puing jatuh dari helikopter, menurut KTLA-TV.

Video menunjukkan petugas penyelamat bekerja dengan cepat untuk menyelamatkan organ yang terjebak di dalam helikopter. Mereka menggunakan ‘rahang kehidupan’, julukan yang diberikan untuk alat penyelamat hidrolik, untuk memotong logam dan mengambil jantung.

Mereka berhasil menyerahkan organ tersebut kepada seorang pekerja medis, yang segera berbalik dan bergegas ke dalam rumah sakit.

Tetapi pekerja medis itu kemudian tersandung puing-puing helikopter, membuat jantung terjaruh. Untungnya, tidak ada kerusakan pada organ tersebut.

Rumah sakit kemudian mengatakan jantungnya sedang ditransplantasikan.

Dokter di dalam rumah sakit mengatakan mereka merasakan ‘hentakan singkat’ ketika helikopter jatuh di atap.

Dan untungnya, bangunan tersebut tampaknya tidak berisiko.

“Pesawat itu stabil dengan posisi miring, di helipad,” kata LAFD tak lama setelah kecelakaan itu. “Tampaknya tidak ada kebocoran bahan bakar yang signifikan.”

Pilot mengalami luka ringan dan dua orang lainnya di dalam pesawat tidak melaporkan adanya masalah medis dan menolak perawatan, kata juru bicara pemadam kebakaran Margaret Stewart.

“Organ yang disumbangkan yang sedang diangkut dengan aman diambil oleh petugas pemadam kebakaran LAFD dan diserahkan kepada staf Rumah Sakit USC-County, ” tweet Departemen Pemadam Kebakaran.(yn)

Sumber: dailymail

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular