Erabaru.net. Musik Swan Lake mendorong seorang wanita penderita Alzheimer untuk mulai menari lagi setelah bertahun-tahun dia tampil dengan New York Ballet.

Marta C. Gonzalez pernah menjadi balerina prima di tahun 1960-an bersama New York Ballet – salah satu grup tari terkemuka di dunia – tetapi mulai menderita Alzheimer di kemudian hari.

Dia tinggal di sebuah panti jompo di Valencia, Spanyol, sampai dia meninggal pada tahun 2019, tetapi video tariannya menjadi viral setelah dibagikan oleh Asociacion Musica para Despertar, sebuah badan amal Spanyol yang menggunakan musik untuk mendorong ingatan dan memperbaiki suasana hati mereka yang menderita Alzheimer.

Rekaman itu diambil tahun lalu, ketika Marta diberikan sepasang headphone untuk mendengarkan Swan Lake Tchaikovsky. Segera setelah musik mulai dimainkan, ekspresi terlihat di wajah wanita tua itu, membawanya kembali ke masa ketika dia tampil di atas panggung pada tahun 1967.

Mantan penari itu duduk di kursi roda, tetapi itu tidak menghentikannya menggunakan lengannya untuk menampilkan koreografi yang dia ingat dari tahun-tahun yang lalu. Video yang luar biasa diselingi dengan klip penari selama penampilan aslinya di Swan Lake pada tahun 1960-an, lapor ClassicFM.

(Foto : MúsicaparaDespertarAlzheimer/Awakening Music/YouTube)

Setelah penampilannya di panti jompo berakhir, Marta disambut dengan tepuk tangan oleh mereka yang menonton, dan dia memberi tahu seorang perawat bahwa musik telah membuatnya ’emosional’.

Asociacion Musica para Despertar, menulis ‘Kekuatan musik tidak dapat diukur’ di samping video.

“Balerina akan selalu menjadi balerina… kegembiraan yang berkembang; mendengarkan, merasakan dan terbang bersama dengan salah satu lagu hidupnya,” badan amal itu menambahkan.

(Foto : MúsicaparaDespertarAlzheimer/Awakening Music/YouTube)

Pementasan Marta diposting di Facebook pada hari Minggu, (8/11), dan dalam hitungan jam sudah dibagikan 34.000 kali. Di antara mereka yang memuji video tersebut adalah aktor Antonio Banderas, dan koreografer serta sutradara teater Arlene Phillips.

Phillips mengatakan bahwa video itu ‘benar-benar menghancurkan hatinya’, menambahkan:

“Sekilas ingatan, kesedihan bagi mereka yang menderita atau orang yang hidup dengan Alzheimer. Jika musik dan tarian bisa memulihkan atau menahan ingatan, betapa berharganya.”

Menurut Alzheimers.org, terapi musik dapat membantu orang yang mengidap penyakit untuk mengelola dan mengurangi agitasi, isolasi, depresi, dan kecemasan, serta membantu mereka yang mungkin merasa sulit untuk berkomunikasi secara verbal.

Musik seringkali juga dapat mengurangi penggunaan obat bagi pasien. (yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular