Erabaru.net. Benda itu selama bertahun-tahun sebagai ornamen taman. Sekarang meriam Tiongkok abad ke-18 ini dilelang dengan harga harga £ 100.000 (sekitar Rp 1,8 miliar).

Senjata perunggu dengan berat sekitar 272kg dan panjang 165 cm dibuat pada tahun 1789 ketika Tiongkok berada di bawah kekuasaan Kaisar Qianlong, seorang anggota dinasti Qing yang memerintah antara tahun 1711 dan 1799.

Meriam tersebut akan digunakan oleh Guo Xing Fu, kelompok pedagang yang bertanggung jawab atas perdagangan maritim di tenggara Tiongkok, untuk melindungi Pelabuhan Xiamen tempat pedagang asing, termasuk Inggris, membeli barang.

Meriam itu dibeli oleh keluarga militer Inggris sekitar 100 tahun yang lalu dan berada di sebuah taman di Wales Utara. Ini akan dilelang oleh Duke’s of Dorchester, Dorset, pada hari Senin (9/11).

Itu telah diwariskan ke keluarga sejak itu dan telah menghabiskan beberapa tahun terakhir di taman sebuah properti di Wales utara.

Seorang juru bicara juru lelang mengatakan: Meriam itu memiliki prasasti yang berasal dari bulan ketiga tahun Qianlong ke-54, yaitu tahun 1789.

“Itu diakuisisi oleh keluarga militer di awal abad ke-20 dan telah berjemur di taman pedesaan dalam beberapa tahun terakhir,” tambahnya

Hingga artikel ini dipublikasikan belum ada konfirmasi hasil dari lelang meriam tersebut.(yn)

Sumber: dailymail

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular