Erabaru.net. Pekerja kontruski telah menemukan dua makam kuno yang berusia sekitar 1.800 tahun saat menggali fondasi untuk pembangunan di Tiongkok timur.

Struktur kuno, yang terletak di Kota Dezhou, dibangun dari batu bata dan dilukis dengan mural yang rumit, menurut media setempat.

Arkeolog percaya bahwa mereka berasal dari keluarga berpengaruh, yang anggotanya adalah pejabat atau bangsawan dari akhir Dinasti Han Timur (20-225M).

Para pekerja konstruksi menemukan situs pemakaman yang tidak biasa pada bulan Mei saat bekerja di Distrik Decheng Dezhou, menurut mendia setempat.

“Saat itu, kami menggali beberapa batu bata dan ada lukisan warna-warni di batu bata itu. Kami merasa bahwa kami mungkin telah menemukan sebuah makam kuno, ” kata Sun, pengawas lokasi konstruksi, kepada seorang reporter.

Pekerja segera menghentikan proyek mereka dan melaporkan temuan tersebut kepada pejabat setempat.

Institut Peninggalan Budaya dan Arkeologi Provinsi Shandong menilai situs itu pada bulan Juni dan menemukan bahwa daerah itu tidak hanya berisi satu tetapi dua makam, kata laporan itu. Otoritas mengirim para ahli untuk melakukan penggalian lebih lanjut pada bulan September.

Berbagai pola ditemukan pada dinding bata berwarna merah, hitam, putih dan biru.

Han Yingxun, seorang restorasi, mengatakan kepada seorang reporter bahwa cat diambil dari bahan alami, seperti cinnabar, bubuk mineral yang menghasilkan pigmen merah.

Polanya, termasuk garis geometris dan ikan serta tumbuhan, akan menjadi mode dan mencerminkan estetika orang hampir dua milenium lalu, Han menambahkan.

Salah satu makam dikatakan berukuran panjang 20 meter dan lebar enam meter, sedangkan yang lainnya berukuran panjang 16 meter dan lebar empat meter.

Peneliti percaya bahwa makam itu milik keluarga yang sama karena dibangun berdampingan dan menghadap ke arah yang sama.

‘[Kedua makam ini] adalah contoh perwakilan dari daerah Dezhou dan sangat langka,” Zhao Fangchao, seorang peneliti dari Institut Relik Budaya Provinsi Shandong, mengatakan kepada Pear Video.

Pangkat sosial [pemilik mereka] kemungkinan besar tidak rendah. Bisa jadi pejabat daerah, tuan tanah atau tokoh berkuasa, ” jelasnya.

“Penemuan mereka sangat penting bagi pemahaman kita tentang format penguburan, sejarah dan kebiasaan pemakaman Dezhou dan bahkan seluruh Shandong,’ tambahnya.

Para arkeolog juga menemukan berbagai barang pemakaman yang terbuat dari tanah liat, termasuk miniatur bangunan, mangkuk, cangkir, dan patung ayam.(yn)

Sumber: dailymail

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SAINS SAINS NEWS

Video Popular