Erabaru.net. Pengguna media sosial tercengang setelah mengetahui tentang kisah luar biasa Kapten Tim Lancaster – pilot British Airways yang tersedot keluar dari kokpit di tengah penerbangan, dan tetap hidup untuk menceritakan kisah tersebut.

Seorang pengguna Twitter berbagi foto pemeragaan dari apa yang terjadi, menulis: “Pada tahun 1990 jendela pesawat jatuh dan salah satu pilot tersedot keluar sehingga mereka hanya memegangi kakinya saat pesawat mendarat.”

Dan ternyata pilot yang dimaksud adalah seorang pria bernama Tim Lancaster, yang terbang dari Birmingham, Inggris, ke Malaga, Spanyol, pada bulan Juni 1990 ketika dua dari enam jendela kokpit pesawat itu pecah saat mereka melakukan perjalanan di atas Oxfordshire.

Lancaster akhirnya terlempar dari kursinya dan tersedot keluar jendela, sementara tekanan juga membuat pintu kokpit lepas dari engselnya dan hampir menjatuhkan pramugari Nigel Ogden ke tanah.

Untungnya, Ogden bisa bergegas ke kokpit untuk meraih kaki Lancaster, tepat saat dia keluar dari jendela.

(Foto: Reconstruction/Discovery)

Ogden mulai menyelinap ke luar juga, tapi awak kabin kedua bernama John Heward bergegas ke kokpit dan meraih sabuknya, sebelum pramugari lain mengikatkan dirinya ke kursi pilot dan membantu menahan rantai orang.

Sementara itu, Lancaster terkena elemen di luar pesawat, bertahan di ketinggian 7000 meter – sementara co-pilot Alistair Atchinson mengambil alih kendali, meneriakkan ‘Mayday! Mayday! ‘ ke radio.

Ogden mengatakan kepada Sydney Morning Herald: “Saya berbalik dan melihat kaca depan telah menghilang dan Tim, sang pilot, keluar melewatinya – dia telah tersedot dari sabuk pengamannya dan yang dapat saya lihat hanyalah kakinya.

(Foto: Reconstruction/Discovery)

“Saya melompati ruang kontrol dan memeluknya di sekitar pinggangnya agar dia tidak keluar sepenuhnya.

“Kemejanya telah tetarik dari punggungnya dan tubuhnya menekuk ke atas, di atas pesawat.”

Dia melanjutkan: “Saya pikir saya akan kehilangan dia, tetapi dia akhirnya menekuk dalam bentuk U di sekitar jendela.”

Hebatnya, co-pilot Atchinson berhasil mengendalikan pesawat, dan pesawat akhirnya mendarat di Bandara Southampton, tempat kru disambut oleh layanan darurat.

(Foto: Reconstruction/Discovery)

Yang lebih luar biasa, Lancaster berhasil selamat dari cobaan itu, menderita beberapa patah tulang dan radang dingin.

Kisah yang mengejutkan itu menjadi subjek film dokumenter berjudul ‘Air Crash Investigation – Blow Out’, yang menampilkan reka ulang tentang apa yang terjadi dan ditayangkan di National Geographic pada tahun 2005.

Tapi sekarang Lancaster dan krunya telah menemukan ketenaran lagi di dunia maya , dengan tangkapan layar dari pemeragaan itu mengumpulkan lebih dari 170.000 suka dan 38.000 retweet.(yn)

Sumber: ladbible

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular