Erabaru.net. Merasakan penolakan adalah perasaan yang mengerikan, terlebih lagi jika itu berasal dari yang paling Anda cintai. Episode sedih ini terjadi pada gajah yang baru lahir yang menangis berjam-jam karena dia tidak mengerti mengapa ibunya tidak mau menerima dirinya.

Namanya Zhuang Zhuang dan dia dilahirkan di Suaka Margasatwa Shendiaoshan di Rong-cheng, Tiongkok.

Zhuang kecil tidak hanya mendapat penolakan ibunya, tetapi dia juga berusaha menyakitinya. Sesuatu yang siapa pun akan menganggap tidak biasa pada makhluk-makhluk ini yang biasanya menemani anak mereka sampai mereka dapat mandiri.

Pada awalnya, para pawangnya percaya itu adalah kesalahan, jadi mereka menyembuhkan luka anak gajah itu dan mengembalikan lagi ke ibunya. Tetapi bahaya sudah dekat dan ibu gajah itu menyerang anak kecilnya lagi.

Setelah mengetahui kejadia itu bayi gajah itu tidak bisa lagi ditempatkan bersama ibunya, mereka ditempatkan secara terpisah. Meskipun tindakan ini dilakukan untuk melindungi cidera pada fisiknya, tapi kerusakan emosional sudah terjadi.

Penjaga berusaha menenangkan makhluk kecil itu tetapi tidak ada yang membayangkan apa yang akan terjadi setelah pemisahan, anak gajah itu menangis selama lebih dari 5 jam.

“Dia sangat marah dan menangis selama lima jam sebelum saya bisa menghiburnya. Dia tidak tahan berpisah dari ibunya, dan ibunya yang mencoba membunuhnya, ”kata salah seorang pekerja.

Ahli gajah Julia S. Ferdinand dan Dokter Zoologi dan Ekologi Andrea Worthington menjelaskan sedikit alasan penolakan itu.

“Di alam liar dalam kawanan gajah, semua anggota kawanan tumbuh dewasa merawat semua anak-anaknya yang lebih muda. Mereka secara efektif belajar menjadi orangtua dengan dukungan dari bibi, saudara perempuan dan ibu pemimpin mereka. ”

Para spesialis menambahkan fakta menarik lainnya tentang perilaku ibu-ibu gajah. Gajah melahirkan dikelilingi oleh kerabat mereka dan biasanya memilih perawat yang kemudian membantu mereka membesarkan bayi, tetapi hak istimewa ini hanya untuk gajah liar.

“Hidup di penangkaran di luar kelompok keluarga tradisional dapat mengganggu naluri perlindungan ibu hewan terhadap anak-anak mereka,” jelas mereka.

Inilah yang terjadi dengan Zhuang Zhuang dan segalanya menjadi lebih buruk ketika datang ke kelahiran pertama.

“Jika itu adalah ibu untuk pertama kali, dia mungkin takut dan, karena rasa sakit saat melahirkan, ibu yang tidak berpengalaman dapat menyerang atau membahayakan bayinya, secara sengaja atau tidak. Jika di alam liar kerabatnya akan mengeluarkan bayi baru dari induknya, memungkinkannya menguranti dari rasa sakit dan melahirkan secara perlahan-lahan,” kata para ahli.

Seperti yang kita lihat, itu bukan ibu yang buruk tetapi gajah dipengaruhi oleh kelahiran dan gangguan jenis ini sulit untuk dikelola ketika mereka di penangkaran tanpa bantuan kerabat mereka. Untungnya, seorang penjaga memiliki hubungan khusus dengan Zhuang dan berhasil meyakinkannya. (yn)

Sumber: zoorprendente

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular