Xu Jian 

Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia yang sarat dengan kasus skandal, baru-baru ini didakwa melakukan genosida. Dakwaan itu disampaikan oleh seorang ekonom Amerika di The International Criminal Court (ICC) atau Pengadilan Kriminal Internasional.

Jika pengadilan menerima kasus tersebut, Tedros akan menjadi pejabat tinggi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pertama yang dituntut. Tedros membantah tuduhan tersebut.

“The Times” melaporkan pada 14 Desember bahwa ekonom Amerika, David Steinman, yang dinominasikan Hadiah Nobel Perdamaian, menuntut Tedros.

Laporan itu menyebutkan, “Dia pernah menjadi pemimpin organisasi teroris dengan latar belakang komunis. Kejahatan banyak sekali.”

Tedros adalah Menteri Kesehatan Ethiopia dari tahun 2005 hingga tahun 2012, dan kemudian menjadi Menteri Luar Negeri hingga tahun 2016. 

Pada saat itu, “Tiger People’s Liberation Front” (TPLF) Partai Komunis adalah kekuatan utama koalisi yang berkuasa di negara itu. Tedros adalah anggota penting TPLF.

Menurut laporan, pemerintah Amerika Serikat telah mendaftarkan TPLF sebagai organisasi teroris global dan terdaftar dalam “Basis Data Terorisme Global” dari Universitas Maryland. Organisasi ini mengejar teror, tanpa pandang bulu memburu dan membunuh para pembangkang, dan merebut sekitar 34% dari tanah Oromo, yakni kelompok etnis terbesar di negara itu.

Steinman menuduh bahwa antara tahun 2013 dan tahun 2015, Tedros adalah salah satu dari tiga pemimpin yang mengendalikan sektor keamanan Ethiopia. Tedros menikmati pesta dan kekuasaan pemerintah dan bertanggung jawab atas pembunuhan, penyiksaan, penangkapan sembarangan, dan perampasan tanah oleh pemerintah.

Menurut Steinman, Tedros terlibat dalam intimidasi terhadap kandidat dan pendukung oposisi, termasuk penangkapan sewenang-wenang dan penahanan pra-peradilan yang berkepanjangan. Tedros juga merupakan pengambil keputusan penting dalam pembunuhan, penahanan sewenang-wenang, dan penyiksaan tentara Ethiopia.

Menurut The Times, tuduhan Steinman juga termasuk soal Tedros mengawasi pembunuhan anggota suku Amhara, Konso, Oromo dan Somali dan bermaksud menyingkirkan semua atau sebagian dari mereka, dan menyebabkan kerusakan fisik dan mental yang serius bagi mereka.

Ini bukan kali pertama Tedros Adhanom Ghebreyesus menjadi pusat kontroversi di kampung halamannya di Ethiopia.

Pada Oktober 2017, Tedros menunjuk diktator Zimbabwe yang terkenal kejam Robert Mugabe sebagai “duta niat baik” untuk membantu memerangi penyakit tidak menular di Afrika. 

Mengingat penganiayaan Mugabe atas hak asasi manusia dan runtuhnya layanan kesehatan Zimbabwe, keputusan Tedros menimbulkan kemarahan para profesional medis dan organisasi hak asasi manusia. Kemudian, Tedros harus menyerah mendukung keputusan Mugabe.

Sebelumnya pada tahun 2020, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump  mengumumkan bahwa Amerika Serikat telah memutuskan untuk menarik diri dari Organisasi Kesehatan Dunia karena posisi Tedros yang pro Tiongkok. (hui)

Video Rekomendasi :

 

Share

Video Popular