Erabaru.net. Mungkin Anda pernah melihatnya atau mungkin Anda mengalaminya sendiri. Kadang-kadang kucing suka naik ke bahu, melompat ke bahu pemiliknya untuk melihat pemandangan dari tempat tinggi. Beberapa kucing melakukannya dalam kenyamanan di rumah mereka sementara yang lain saat berjalan-jalan di jalanan kota.

Tetapi kucing dudu di bahu tidak terlalu umum, konsultan perilaku kucing bersertifikat yang berbasis di Atlanta, AS, Ingrid Johnson memberikan penjelasan.

“Biasanya itu adalah kucing muda yang lincah yang dapat menjaga postur tubuh untuk sementara. Umumnya, perilakunya itu untuk mencari perhatian,” katanya. “Jika pemilik menyukainya dan mereka pikir itu lucu, mereka akan memujinya, mengelusnya, dan sebelum mereka menyadarinya, kucing itu akan melakukannya atas perintah. Tapi menurutku kucing-kucing itu sedikit dan jarang.”

Beberapa kucing mungkin tidak suka dipegang, tetapi mereka tidak keberatan untuk meringkuk di bahu pemiliknya. Daya tarik kucing biasanya adalah di ketinggian, kata Johnson.

“Kucing menyukai tempat yang tinggi memberi mereka rasa aman dan memberi mereka kemampuan untuk mengamati banyak ruang dari satu sudut pandang,” katanya. “Saat mereka diikat, mereka cenderung ingin melenggang. Tapi bisa hinggap di bahu tanpa diikat, aku bisa mengerti kenapa itu hal menarik bagi banyak kucing.”

(Foto: Imgur)

Bagi beberapa kucing, melompat ke bahu pemiliknya adalah hal yang wajar, sementara kucing lain harus dilatih untuk melakukan lompatan.

Johnson mengatakan salah satu kucingnya akan memanjat pundaknya sebagai anak kucing saat dia menyendok kotak kotorannya. Tapi saat dia semakin besar, semakin sulit baginya untuk bertengger di bahunya.

“Itu menjadi lebih rumit dan lebih sulit baginya untuk tetap di sana dan seimbang, jadi dia berhenti melakukannya,” katanya. “Dia melakukan semua jenis trik sesuai perintah – mengendarai skateboard, melakukan tos – tapi tidak melakukannya lagi untuk bertengger di bahu.”

Sejauh mana Anda membawa kucing di bahu ke alam bebas? Johnson mengatakan dia tidak akan merekomendasikannya. Tetapi jika Anda bersikeras melakukannya, pastikan kucing Anda menggunakan tali kekang.

(Foto: Imgur)

“Saya akan sangat berhati-hati,” katanya. “Anda harus memiliki hewan yang tidak akan ketakutan saat truk pos atau truk sampah lewat lewat. Jika mereka takut, kucing itu akan lari.”

Ingat: Jika Anda melatih kucing Anda untuk melompat ke bahu Anda dari lantai, ada juga kemungkinan dia akan melompat ke bahu Anda dari ketinggian atau bagian atas lemari dari seberang ruangan.

“Beberapa kucing akan mulai meluncur dari mana pun mereka berada di rumah ke bahu Anda dan Anda tidak dapat mengantisipasinya,” kata Johnson. “Ini dapat mengejutkan Anda dan menciptakan pengalaman negatif bagi kucing. Jika Anda akan melatih kucing Anda melakukannya, mereka benar-benar dapat meluncur dari mana saja di dalam rumah.”

(Foto: Reddit)

Jadi, apakah itu ide yang buruk? Johnson dengan tegas mengatakan tidak.

“Saya tidak akan pernah menghalangi; saya pikir itu berharga.” (yn)

Sumber: treehugger

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular