Qiao En

Epidemi telah meningkat di banyak bagian Tiongkok daratan. Sedangkan epidemi di Beijing terus memburuk. Pihak berwenang  mengumumkan akan menangguhkan persetujuan semua pertunjukan skala besar di Beijing selama Tahun Baru.

Distrik Shunyi, di mana epidemi yang parah, telah menerapkan manajemen tertutup. Kawasan itu mewajibkan penduduk untuk tidak meninggalkan rumah mereka, tidak meninggalkan Beijing kecuali diperlukan, dan tidak meninggalkan negara itu kecuali jika diperlukan. 

Mulai 28 Desember mendatang, 364 apotek dan klinik kecil di Distrik Quanshunyi akan melakukan verifikasi informasi dan registrasi obat anti demam dan batuk secara ketat.

Pada saat yang sama, uji asam nukleat nasional di Shunyi, Xicheng, dan daerah perkotaan lainnya masih berlanjut, dan pemandangan antrian panjang “spektakuler” sekali lagi muncul di titik uji test. 

Mulai tanggal 28 Desember 2020, Universitas Tsinghua Beijing juga akan secara ketat menyetujui semua siswa yang masuk dan keluar kampus, mewajibkan orang luar atau mahasiswa yang kembali, untuk memberikan tes asam nukleat negatif dalam waktu 7 hari atau memberikan kode hijau yang sehat sebelum memasuki kampus.

Pencegahan dan pengendalian epidemi di Dalian terus meningkat. Semua komunitas di Jinzhou ditutup, dan pintu bangunan tempat tinggal di setiap komunitas ditutup dengan segel. Warga terjebak di rumah dan kehilangan kebebasan. Jalanan di Jinzhou kosong, seperti kota hantu.

Pada tanggal 28 Desember 2020, Provinsi Liaoning memiliki 17 wilayah berisiko menengah, termasuk 12 di Dalian dan 5 di Shenyang. Pasien yang dikonfirmasi termasuk anak-anak berusia 18 bulan.

Sementara itu, Jepang telah mengkonfirmasi lebih dari 3.000 kasus dalam satu hari selama beberapa hari berturut-turut, dan jumlah orang yang terinfeksi virus Komunis Tiongkok varian baru telah meningkat menjadi 8 orang. Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengumumkan bahwa mulai tanggal 28 Desember 2020, pengajuan masuk untuk non-warga Jepang akan ditangguhkan.

Pada hari yang sama, Jepang melaporkan anggota kongres yang pertama meninggal dunia karena virus Komunis Tiongkok, Yuichiro Hata dipastikan mengidap pneumonia Komunis Tiongkok. Ia adalah Mantan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang. Ia adalah putra mantan Perdana Menteri Jepang,  Tsutomu Hata. 

Pada hari Senin, Korea Selatan memberitahu gelombang pertama kasus yang terinfeksi varian baru virus Komunis Tiongkok. Tiga pasien yang dikonfirmasi memasuki Korea Selatan dari Inggris pada tanggal 22 Desember 2020. Otoritas Korea Selatan mengumumkan, bahwa mereka akan memperpanjang larangan penerbangan langsung ke Inggris selama seminggu lagi, hingga 7 Januari 2020.  Korsel mewajibkan semua penumpang dari Inggris atau Afrika Selatan untuk memberikan hasil tes sebelum keberangkatan.

Pada hari Senin 28 Desember 2020, militer AS di Korea Selatan menerima gelombang pertama vaksin virus Modena, yang telah didistribusikan ke tiga fasilitas militer. Korea Selatan adalah satu dari empat lokasi di luar negeri dalam rencana distribusi vaksin bertahap dari Departemen Pertahanan AS.

Mengikuti Pfizer dan Modena, US Novak Vaccine Company mengumumkan bahwa vaksinnya telah memasuki tahap ketiga dari penelitian klinis skala besar. Novavax telah menandatangani kontrak pasokan vaksin dengan banyak negara dan bersiap untuk menyediakan 100 juta vaksin ke Amerika Serikat pada Januari 2021. 

Setelah Presiden AS Trump menandatangani putaran baru UU bantuan epidemi senilai US $ 2,3 triliun pada hari Minggu 27 Desember 2020, tiga indeks saham utama AS dibuka lebih tinggi dan ditutup lebih tinggi pada hari Senin 28 Desember 2020 dan semuanya naik. 

Pada penutupan, Indeks Dow Jones naik lebih dari 200 poin dan ditutup pada rekor tertinggi 30.403,97 poin. Indeks Komposit S&P 500 dan Nasdaq masing-masing naik 0,87% dan 0,74% menjadi ditutup pada 3.735,36 poin dan 12.899,42 poin, menetapkan tertinggi baru pada waktu yang sama. (hui)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular