Erabaru.net. Ratusan burung ditemukan mati di jalan-jalan Roma, Italia, pada hari Jumat (1/1), dengan kekhawatiran bahwa kembang api pada Malam Tahun Baru adalah penyebabnya.

Sebuah video menunjukkan burung-burung tergeletak di tanah Via Cavour di ibu kota Italia, yang dekat dengan stasiun kereta Termini yang sibuk, dengan pengemudi yang menangkap rekaman itu menyebut adegan itu sebagai ‘hal yang memalukan, menyedihkan, hal luar biasa’.

Sementara penyebab kematian burung – yang kebanyakan burung jalak – belum dikonfirmasi, kelompok hak asasi hewan mengatakan ‘pembantaian’ itu tampaknya terkait dengan pertunjukan petasan dan kembang api yang keras di lingkungan rindang yang digunakan banyak burung untuk bersarang.

Organisasi Internasional untuk Perlindungan Hewan (OIPA) cabang Italia telah menyerukan larangan menjual petasan dan kembang api untuk penggunaan pribadi, dengan alasan mereka mengancam hewan.

Juru bicara OIPA Italia, Loredana Diglio, mengatakan: “Bisa jadi mereka mati karena ketakutan. Mereka bisa terbang bersama dan saling bertabrakan, atau menabrak jendela atau kabel listrik. Jangan lupa mereka juga bisa mati karena serangan jantung.”

Sebuah posting Facebook dari OIPA menyebut masalah yang sedang berlangsung sebagai ‘Perang Tahun Baru’, mengatakan perayaan tahun ini menewaskan ‘ratusan burung’ yang telah memilih pohon di dekat stasiun Termini dan ‘bagian atas Via Cavour’ sebagai rumah mereka.

Presiden OIPA Massimo Comparotto mengatakan, : “Setiap tahun kami mengulangi bahwa penjualan petasan dan kembang api tidak boleh diizinkan. Aturannya tidak berguna, tidak ada kontrol. Setiap tahun kami menghitung ratusan spesimen yang mati di antara hewan liar dan hewan peliharaan lainnya hilang atau terluka. “

Comparotto mengatakan sudah waktunya bagi pembuat undang-undang untuk memperbaiki kekacauan itu, dengan menambahkan: “Ini masalah kesehatan, ketertiban umum, dan yang terpenting, kesopanan.”

Apakah setiap tahun akan terus terjadi seperti ini, jika kita tidak mau menyadari untuk menghentikan penggunaan kembang api dalam perayaan Tahun Baru.(yn)

Sumber: ladbible

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular