Lousie Bevan

Seorang pemuda dari Hawaii mendapatkan prestasi yang mungkin dianggap tidak mungkin oleh banyak mahasiswa lainnya. Dia berhasil membayar lunas lebih dari $ 50.000 utang pinjaman mahasiswa hanya dalam tempo 11 bulan. Caranya dengan dengan melakukan serangkaian pekerjaan serabutan.

Namanya Kamaka Dias (27)  lulus dari Universitas Hawai’i di Mānoa. Ia memutuskan untuk melunasi utangnya secepat mungkin, setelah menghitung seperti apa pengeluarannya berdasarkan rencana pembayaran pinjaman.

“Saya pikir itu akan menjadi seperti $ 500 sebulan selama 10 tahun, dan saya akan membayar seperti $ 70.000, jadi saya seperti, ‘Tidak! Saya tidak akan melakukan seperti itu,” kata penduduk asli Hilo kepada media lokal, KHON2.

Dias kemudian meluncurkan misinya pada awal tahun 2020, menyebutnya “The Race to $ 50K”.

Courtesy of Kamaka Dias)

Dia bekerja keras hampir setiap hari. Ia mendokumentasikan setiap pekerjaan, pertunjukan, tugas, dan pencapaiannya di laman Instagram-nya. 

Alih-alih meminta bayaran atas waktunya, dia meminta majikan untuk memberikan apa yang mereka inginkan.

Courtesy of Kamaka Dias)

Bekerja antara daerah Hilo dan Oahu, daftar pekerjaan serabutan yang dilakukan Dias sangat beragam.

“Saya mengambil bahan makanan, kue Cupcake, bunga, makanan, rumput liar, menanam pohon, membersihkan semak-semak, menyapu daun, mengecat, dan membuang sampah. Pokoknya apapun!” katanya kepada Hawaii News Now.

Courtesy of Kamaka Dias)

Namun, tidak semuanya yang dilakukannya semacam perkerjaan yang dilakukan untuk seorang yang baru lulus pendidikan. Dia bahkan menjadi petugas pernikahan , berjalan-jalan dan memandikan anjing. Bahkan, ia rela  mengenakan kostum robot Buzz Lightyear  untuk pesta ulang tahun anak berusia 3 tahun.

Courtesy of Kamaka Dias)

Selama kurun waktu tersebut, Dias tinggal bersama orangtuanya untuk berhemat. Ia menahan diri untuk hidup boros walaupun hanya menyantap Acai Bowl yang lezat hingga tujuannya selesai dan akhirnya bisa memanjakan dirinya sendiri.

Misi Dias tersebar dari mulut ke mulut. Ia akhirnya mendapatkan banyak kesempatan kerja. Pada akhir tahun, dia telah mencatat lebih dari 300 pekerjaan yang berbeda.

Courtesy of Kamaka Dias)

“Orang-orang telah terinspirasi oleh keramaian,” katanya, memuji dukungan komunitas yang sangat besar atas kesuksesannya bahkan selama virus Komunis Tiongkok, yang umumnya dikenal sebagai virus Corona. Seorang pendonor yang baik hati bahkan memberikan Dias sebuah mobil untuk dikendarai sendiri ke tempat kerja.

Courtesy of Kamaka Dias)

Untuk memberikan kembali kepada orang-orang yang mendukungnya, Dias bahkan menyumbangkan cek stimulusnya dengan bingkisan  untuk ratusan siswa SMA.

Courtesy of Kamaka Dias)

Dias melunasi pinjaman terakhirnya pada Desember 2020. Secara total, ia melunasi utangnya $ 53.757 hanya dalam  tempo 11 bulan. Kejadian ini membuktikan kepada Fresh Graduate dengan utang pinjaman bagaimana pun, selagi di mana ada kemauan, maka selalu ada jalan.

“Misi akhirnya berakhir, saya akhirnya bebas, beban ada di pundak saya dan saya tidak bersabar untuk memulai bab berikutnya dalam hidup saya… BEBAS UTANG !!,” tulis Dias pada 6 Desember 2020 di akun Instagramnya.

“Saya yang memintanya (utang) , jadi Itu tanggung jawab saya untuk membayarnya kembali. Jadi, saya ingin menunjukkan kepada orang-orang  jika Anda hidup dengan cara tertentu,  Anda hanya perlu bekerja keras, Anda bisa melakukannya, ” ujarnya,

Dias berencana menulis buku tentang pengalamannya agar bisa menginspirasi orang-orang lainnya. (asr)

Video Rekomendasi :

 

Share

Video Popular