China Insider – The Epoch Times

ANT Group adalah anak perusahaan e-commerce raksasa Alibaba, baru-baru ini berulang kali diperintahkan untuk melakukan pertemuan dengan empat regulator keuangan Partai Komunis Tiongkok yang penting. Bank Sentral Partai Komunis Tiongkok juga muncul untuk menuduh ANT Group atas pelanggaran-pelanggaran arbitrase dan meminta ANT Group untuk memperbaikinya. 

Bank Sentral Partai Komunis Tiongkok mengatakan bahwa ANT Group kini mendirikan sebuah perusahaan induk keuangan dan ditujukan kepada petugas pengawasan keuangan. ANT Group sedang merencanakan untuk mendirikan sebuah perusahaan induk keuangan untuk menggabungkan sejumlah bisnis keuangan yang menguntungkan miliknya. 

Untuk memenuhi syarat-syarat peraturan oleh kewenangan Partai Komunis Tiongkok, menurut Bloomberg, bisnis-bisnis ini akan diatur oleh pemerintah, mencakup layanan keuangan, pinjaman para pelanggan, asuransi, pembayaran dan pinjaman online Mybank. 

Pada tanggal 29 Desember 2020, Bank Sentral Partai Komunis Tiongkok memberitahukan kepada Reuters bahwa ANT Group yang mengendalikan sejumlah lembaga keuangan, seperti sekuritas dan asuransi harus menciptakan sebuah perusahaan induk keuangan yang sesuai dengan hukum. Bahkan, harus membawa kegiatan keuangannya di bawah pengawasan resmi sepenuhnya. 

Baru-baru ini ANT Group merencanakan untuk mendirikan sebuah  perusahaan induk keuangan yang selaras dengan peraturan-peraturan kendali keuangan. 

Frank Tian Xie, ​​seorang profesor Sekolah Bisnis Aiken, Universitas Carolina Selatan di Amerika Serikat mengatakan baik Jack Ma maupun Alibaba, buktinya adalah bahwa Jack Ma maupun Alibaba berada di bawah tekanan Partai Komunis Tiongkok. Layanan Keuangan ANT Group, yaitu Alipay, dan Taobao, semuanya adalah anak perusahaan Alibaba Grup. Sebenarnya Alipay dan Taobao, memiliki akses yang lebih atau kurang kepada beberapa bisnis perbankan, yang menyentuh Partai Komunis Tiongkok dan minat-minat bank-bank yang dimiliki negara. Itulah sebabnya mengapa mereka mengeluarkan pembatasan semacam itu.”

Menurut para analis industri dan layanan keuangan, bisnis mungkin disuruh untuk lebih membatasi modal dan para investor akan menilai kembali risiko pengaturan tersebut, yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan internet Tiongkok.

Frank Tian Xie menuturkan, ekonomi Tiongkok sedang runtuh. Partai Komunis Tiongkok pecah, dan Partai Komunis Tiongkok tidak pernah memperlakukan perusahaan-perusahaan swasta sebagai mitra yang dapat dipercaya. Malahan, Partai Komunis Tiongkok menganggap perusahaan-perusahaan swasta sebagai santapan yang lezat, yang siap dimakan kapan saja.”

Beberapa hari yang lalu, Bank Sentral Partai Komunis Tiongkok, Komisi Pengaturan Perbankan dan Asuransi Tiongkok, Komisi Pengaturan Sekuritas Tiongkok, Biro Saham Asing dan otoritas keuangan lainnya bersama-sama memerintahkan ANT Group untuk menghadiri sebuah pertemuan. 

Pan Gongsheng, Wakil Presiden Bank Sentral, juga mengkritik ANT Group karena mencemoohkan syarat-syarat peraturan, melanggar arbitrase peraturan, mengambil keuntungan atas posisinya yang dominan di pasar untuk meniadakan operator-operator sejawatnya, merongrong hak dan minat yang sah bagi pelanggan, dan membuat sejumlah syarat-syarat pembetulan untuk ANT Group. 

Xue Chi, seorang cendekiawan studi Tiongkok menilai, Partai Komunis Tiongkok selalu menganggap keuangan sebagai ranah eksklusif miliknya dan adalah sebuah alat yang diperlukan untuk mengendalikan masyarakat dan ekonomi. Partai Komunis Tiongkok juga adalah sebuah andalan bagi sistem milik negara. Di bawah kondisi semacam ini, Partai Komunis Tiongkok mencekik keuangan Internet dengan cara menghukum ANT Group, dengan demikian untuk mempertahankan posisi utama dan dominan bagi lembaga-lembaga keuangan milik negara. 

Xue Chi, percaya bahwa tindakan-tindakan ekonomi oleh Partai Komunis Tiongkok, di baliknya memiliki maksud politik Partai Komunis Tiongkok.

Xue Chi menambahkan, Karena Jack Ma tidak begitu patuh, Partai Komunis Tiongkok segera menghentikan daftar ANT Group, dan kemudian mengawasi dan menghukum ANT Group untuk memberitahu Jack Ma untuk menjaga perilakunya. Kini bagi Jack Ma, ia adalah seorang tokoh simbol ekonomi Tiongkok, sehingga hukuman tersebut baginya adalah sebuah peringatan untuk orang-orang lain, sebuah renovasi keuangan Internet yang menyeluruh dan kelompok-kelompok bisnis swasta yang besar. Hal ini mirip untuk memperingati mereka agar tidak berseberangan dengan pedoman untuk mengeruk uang.”

Sejumlah tindakan keras oleh Partai Komunis Tiongkok terhadap perusahaan-perusahaan swasta, memiliki sebuah efek yang mengerikan dalam sebuah tinjauan kewirausahaan dan pengembangan ANT Group selama 30 tahun.

Pada beberapa waktu lalu, Zhang Jindong, Ketua Suning Group Tiongkok, berkata,”Suning Group selalu menjadi sebuah kelompok yang menanggapi seruan kebijakan-kebijakan nasional, dan semua perkembangannya harus melayani  kebijakan-kebijakan nasional. Perusahaan-perusahaan yang lebih kecil adalah perusahaan perseorangan, tetapi perusahaan-perusahaan yang lebih besar adalah perusahaan sosial dan nasional.”

Frank Tian Xie memaparkan, sebuah perusahaan Maotai di Guizhou telah banyak mendanai bagian-bagiannya kepada Enterprise Assets Company milik Partai Komunis Tiongkok di Guizhou, dan banyak modal pribadi yang secara sukarela diberikan kepada Partai Komunis Tiongkok, sesuatu yang juga kita saksikan di tahun 1950-an, saat revolusi rakyat jelata yang kedua oleh rezim komunis sedang berlangsung.”

Berdasarkan sudut pandang ANT Group pada tahun 2019, Alipay digunakan lebih dari 1 milyar pengguna dan 80 juta pedagang di Tiongkok dengan transaksi sebesar 111 triliun yuan setiap tahunnya, terhitung ada 48 pembayaran elektronik di Tiongkok, yang diikuti oleh WeChat yang dihitung ada 33,6 persen, ranking ketiga Unionpay hanya ada 7,2 persen pada tahun 2019. ANT Group menerima 17,2 milyar yuan. Dipercayai bahwa penyingkiran ANT Group sebagian disebabkan oleh perluasan bisnis keuangannya yang besar dan cepat, yang menghabisi kepentingan bank-bank Partai Komunis Tiongkok dan merupakan sebuah ancaman bagi peraturan Partai Komunis Tiongkok yang terpusat. (vv)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular