Erabaru.net. Perayaan Halloween yang kini tidak lebih dari sekedar pesta kostum, dan tidak bisa lepas dengan salah satu aksesoris dekorasi, ‘Labu Kuning’ yang dibentuk sedemikian rupa. Dekorasi labu tersebut biasa disebut Jack O’Lantern.

Tahukah Anda kalau sejarah Jack O’Lanten ternyata cukup menyeramkan, dan dia dibuat bukan dari labu kuning?.

Jack O’Lanten berasal dari cerita rakyat Irlandia dan aslinya sangat jauh dari dekorasi Halloween yang lucu dan menyenangkan yang kita kenal sekarang.

Versi cerita rakyat asli dari Jack O’Lanten sebenarnya menakutkan. Mereka diukir dari lobak, bukan labu.

(Foto: National Museum of Ireland)

Namanya, Jack O’Lanten, berasal dari cerita rakyat Irlandia tentang seorang pria bernama Stingy Jack.

Seperti kisahnya, Stingy Jack mengundang iblis untuk minum. Dia membodohi iblis beberapa kali, tetapi ketika dia mati, Tuhan tidak mengizinkannya masuk surga dan iblis tidak mengizinkannya masuk neraka.

Dia malah dikirim ke malam abadi, dengan bara api di dalam lobak berukir untuk menerangi jalannya.

(Foto: National Museum of Ireland)

Orang-orang di Irlandia dan Skotlandia mulai membuat lentera Jack versi mereka sendiri dengan mengukir wajah aneh dari lobak, kentang, dan bit, menempatkannya di samping rumah mereka untuk menakuti Stingy Jack dan roh pengembara lainnya.

Ketika orang Irlandia dan Skotlandia berimigrasi ke Amerika, membawa tradisi bersama mereka, mereka menemukan bahwa labu, asli Amerika, membuat buah yang sempurna untuk diukir menjadi Jack O’Lanten.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda.(yn)

Sumber: sunnyskyz

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular