Qiao – NTD

Jumlah orang yang terinfeksi virus Komunis Tiongkok di dunia jingga tanggal 25 Januari,  melebihi 100 juta, dan hampir 2,15 juta meninggal. Tahun lalu, 255 juta pekerjaan penuh waktu hilang karena epidemi di seluruh dunia, dan pendapatan tenaga kerja kehilangan USD. 3,7 triliun. 

Presiden Amerika Serikat, Joe  Biden akan memulihkan pembatasan perjalanan di Brasil, Irlandia, Inggris Raya, dan sebagian besar Eropa pada 26 Januari, sambil memperpanjang larangan perjalanan di Afrika Selatan. Langkah ini bertujuan untuk membatalkan perintah eksekutif yang ditandatangani oleh mantan Presiden Donald Trump yang  telah menginstruksikan untuk mencabut larangan perjalanan di negara-negara tersebut mulai 26 Januari 2021.

Sikap Biden dan Partai Demokrat mengambil kendali atas arena politik Amerika Serikat, negara-negara Demokrat yang sebelumnya menolak kebijakan “ekonomi terbuka” Trump, dengan cepat mengubah sikap mereka. 

Setelah Gubernur New York menyatakan akan membuka restoran untuk indoor dining, Gubernur Michigan pun mengumumkan pembukaan restoran tersebut. California, tempat epidemi yang saat ini serius, juga mengumumkan  akan mencabut penguncian yang ketat dan mencabut “pesanan rumah”.

Inggris melaporkan 22.195 kasus baru dan 592 kematian pada hari Senin 25 Januari. Itu merupakan peningkatan yang signifikan dari minggu lalu. 

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengatakan bahwa pemerintah dapat mempertimbangkan apakah akan menghapus beberapa pembatasan di Inggris pada pertengahan Februari. Namun juga akan mempertimbangkan untuk memperkuat langkah-langkah isolasi bagi para pelancong.

Rusia melaporkan 19.290 kasus baru pada hari Senin 25 Januari, pertama kalinya jumlah kasus baru turun di bawah 20.000 sejak November tahun lalu. 456 orang meninggal hari itu, dan jumlah kematian kumulatif mendekati 70.000.

Presiden Rusi, Vladimir  Putin mengatakan pada hari yang sama bahwa epidemi nasional telah stabil. Rusia meluncurkan program vaksinasi sukarela pada akhir tahun lalu, dan pada saat yang sama menolak untuk menerapkan kuncian yang ketat dan hanya menerapkan beberapa kontrol yang ditargetkan.

Ukraina mengakhiri penguncian dua minggu yang parah pada hari Senin 25 Januari dan membuka kembali sekolah, restoran, dan pusat kebugaran. Saat ini, jumlah kasus harian baru di Ukraina telah turun menjadi lebih dari 2.000 kasus, angka terendah sejak September tahun lalu.

Dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, epidemi Spanyol terus berlangsung parah. 40.000 kasus lain yang dikonfirmasi dan 257 kematian ditambahkan pada hari Senin 25 Januari, sehingga total korban tewas menjadi lebih dari 56.000 kasus. Pemerintah daerah Spanyol telah memperkenalkan langkah-langkah kontrol yang lebih ketat.

American Modena mengatakan bahwa hasil percobaan menunjukkan bahwa perusahaan vaksin virus Tiongkok dapat menghasilkan antibodi penawar terhadap varian virus yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan serta memiliki efek perlindungan pada orang yang telah menyelesaikan dua dosis vaksin. 

Modena juga telah mengembangkan penambah vaksin untuk melawan virus varian Afrika Selatan.

Menurut data yang dirilis oleh Organisasi Buruh Internasional (ILO) pada tanggal 25 Januari, dibandingkan dengan tahun 2019, sebanyak 255 juta pekerjaan penuh waktu telah hilang secara global karena epidemi pada tahun 2020, dan 114 juta orang akan menganggur sepenuhnya. 

Hilangnya pekerjaan dalam skala besar juga menyebabkan penurunan pendapatan tenaga kerja global sebesar 8,3%, yang setara dengan 4,4% dari PDB global.  (hui)

Video Rekomendasi :

 

Share

Video Popular