Erabaru.net. Seorang gadis empat tahun di Wales menemukan jejak dinosaurus berusia 215 juta tahun saat berjalan-jalan di pantai bersama ayahnya.

Ahli dari Archeology Cymru menyebutnya ‘jejak terbaik dari cetakan dinosaurus berusia 215 juta tahun yang ditemukan di Inggris dalam satu dekade’.

(Foto: Wales Online)

Lily Wilder sedang berjalan dengan ayahnya, Richard, di sepanjang pantai antara Barry dan Sully ketika dia melihat jejak kecil itu.

“Kami bahkan tidak yakin itu nyata. Saya membayangkan itu dibuat oleh seorang seniman, tapi saya tahu jejak kaki dinosaurus telah ditemukan di sepanjang pantai itu sebelumnya, jadi saya hanya berpikir untuk bertanya kepada beberapa orang,” Ibu Lily, Sally, memberi tahu WalesOnline.

“Saya menemukan halaman identifikasi fosil ini di Facebook dan saya mempostingnya di sana dan orang-orang menjadi sedikit gila. Semuanya sangat tertarik, menemukan bahwa sebenarnya itulah yang mereka pikirkan.”

(Foto: Wales Online)

Cetakan itu sendiri panjangnya sekitar 10cm dan kemungkinan besar itu adalah jejak dinosaurus yang tingginya sekitar 75cm dan panjang 2,5m.

Para ahli menyebutnya itu jenis cetakan Grallator, yang mencakup jenis cetakan kecil tiga jari yang umum dibuat oleh berbagai dinosaurus theropoda bipedal.

Cetakannya sekarang ada di Museum Nasional Cardiff, Wales.

“Ini sangat sempurna dan benar-benar murni, ini adalah karya yang luar biasa.” kata Karl-James Langford dari Archeology Cymru.

“Menurut saya ini penting secara internasional dan itulah sebabnya museum langsung mengambilnya. Inilah pentingnya. Menurut saya, ini adalah jejak kaki dinosaurus terbaik yang ditemukan di Inggris dalam 10 tahun terakhir.”

(Foto: Wales Online)

Kurator Paleontologi Museum Nasional Wales Cindy Howells menggambarkannya sebagai spesimen terbaik yang pernah ditemukan di pantai ini.

“Jejak fosil dinosaurus dari 220 juta tahun yang lalu ini adalah salah satu contoh terawetkan terbaik dari mana saja di Inggris dan akan sangat membantu ahli paleontologi untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana dinosaurus purba ini berjalan. “kata Howells.(yn)

Sumber: sunnyskyz

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular