Erabaru.net. Seorang peternak lebah telah direkam mengangkut koloni lebah dengan menggenggam ratu di tangannya sementara ribuan serangga itu mengerumuni seluruh lengannya.

Dalam rekaman video menunjukkan pekerja di Republik Dominika, yang tampaknya tidak terpengaruh, dengan santai berjalan di jalan dengan lengan kirinya tertutup oleh kawanan lebah.

Pria itu menjelaskan bahwa dia tidak akan disengat serangga saat mereka membawa ratu lebah dalam genggamannya.

Dalam video tersebut, pria itu memberi tahu pada orang yang merekammnya bahwa dia sedang mengangkut koloni dan akan memasukkannya ke dalam kotak, menurut UNILAD.

Ketika juru kamera bertanya kepada pria tersebut mengapa dia tidak disengat lebah, pria itu menjawab: “Mereka tahu dia pemiliknya.”

“Dan apakah Anda memiliki ratu di tangan Anda? Karena mereka ada di sana karena ratu mereka,” kata pria yang merekam rekaman itu.

“Iya. Saya memilikinya di tangan saya, ” kata pria itu menegaskan.

Rekaman itu juga memicu diskusi di Reddit ketika orang bertanya-tanya bagaimana pria Dominika itu berhasil mengangkut koloni dengan cara ini.

Seorang netizen menjelaskan bahwa kerumunan lebah terjadi ketika ratu lebah baru muncul, sebagian dari koloni sebelumnya terputus untuk memulai sarang baru.

“Pada titik ini, kawanan lebah terlihat sangat menakutkan tetapi itu yang paling jinak karena hanya mencari rumah baru sambil melindungi ratu, “kata pengguna.

“Karena ratu, dalam hal ini, tidak merasa terancam dan tidak disakiti, seluruh gerombolan lainnya mengikuti begitu saja.”

Yang lain menduga bahwa serangga tersebut tidak menyerang peternak lebah karena mereka dapat mencium feromon ratu yang menandakan bahwa dia tidak sedang disakiti.

Feromon adalah campuran zat kimia yang dikeluarkan oleh individu lebah madu ke dalam sarang atau lingkungan untuk mengekspresikan perubahan perilaku atau fisiologi lebah lain dari spesies yang sama.

Lebah memiliki salah satu sistem komunikasi yang digerakkan oleh feromon yang paling canggih di seluruh alam, dengan ketiga kasta tersebut memiliki kemampuan untuk memberi sinyal kepada lebah lain melalui feromon.

Queen Mandibular Pheromone (QMP) dianggap sebagai kumpulan feromon terpenting di koloni. Hal tersebut dapat mempengaruhi perilaku sosial, pemeliharaan sarang, pengerumunan serta perilaku kawin. (yn)

 

Sumber: dailymail

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular