Luo Tingting

Komunis Tiongkok selalu memiliki kelemahan fatal dalam teknologi mesin kedirgantaraan Keempat perusahaan Tiongkok  berusaha untuk mengakuisisi raksasa mesin pesawat Ukraina “Madasic” untuk mendapatkan teknologi mutakhir Ukraina.

Kantor Presiden Ukraina mengeluarkan pengumuman pada tanggal 29 Januari lalu yang berisi, menjatuhkan sanksi kepada empat perusahaan Tiongkok dan satu warga negara Tiongkok. 

Keempat perusahaan tersebut adalah “Tianjiao Aircraft Holdings Co., Ltd.”, “Hong Kong Tianjiao Holdings Co., Ltd.”, “Beijing Tianjiao Aviation Industry Investment Co., Ltd.”, dan “Beijing Xinwei Technology Group Co., Ltd .”

Warga negara Tiongkok yang terkena sanksi adalah Wang Jing, bos Xinwei Group, yang merupakan perusahaan induk dari tiga perusahaan Tianjiao.

Ukraina telah memberlakukan berbagai pembatasan pada mereka, termasuk membekukan aset, membatasi lalu lintas, melarang sumber daya dan pesawat mereka melewati wilayah Ukraina, dan mencegah melarikan diri dari Ukraina, selama tiga tahun.

Sanksi tersebut berasal dari rencana akuisisi perusahaan “Madasic”. Madasic adalah satu-satunya produsen mesin pesawat dan helikopter serta turbin gas industri di Ukraina, dan salah satu produsen mesin pesawat dan helikopter terbesar di dunia.

Tianjiao Company adalah investor di “Madasic” dan menguasai 56% hingga 76% saham perusahaan.

Pada September tahun lalu, Wang Jing dan Oleksandr Yaroslavsky, seorang pengusaha Ukraina, mengajukan permohonan bersama ke Komisi Anti-Monopoli Ukraina untuk membeli semua saham Madasic, tetapi ditolak.

Madasic disebut sebagai perusahaan pertahanan penting di bekas Uni Soviet dan salah satu produsen mesin pesawat terbang terpenting di dunia. Ruang lingkup bisnisnya meliputi mesin untuk pesawat militer, rudal jelajah, dan helikopter.

Teknologi mesin ruang angkasa selalu menjadi kekurangan industri manufaktur Komunis Tiongkok. Beberapa ahli Rusia menunjukkan bahwa jika Komunis Tiongkok mengakuisisi Madasic, Komunis Tiongkok akan memiliki manfaat yang signifikan dalam teknologi mesin ruang angkasa.

Setelah akuisisi Madasic ditolak, Presiden Ukraina Zelensky pernah menyatakan bahwa dia membuat keputusan ini berdasarkan “risiko geografis”. Namun, beberapa analis mengatakan bahwa pembatalan akuisisi oleh Ukraina berada di bawah tekanan dari Amerika Serikat, yang merupakan negara bantuan militer terbesar di Ukraina.

Pada 14 Januari tahun ini, Departemen Perdagangan Amerika Serikat memasukkan Tiongkok Tianjiao ke dalam daftar hitam “pengguna akhir militer”, yang menyatakan bahwa perusahaan tersebut menimbulkan ancaman besar bagi keamanan nasional Amerika Serikat dan melarangnya membeli produk dan teknologi Amerika Serikat tertentu.

Menurut Menteri Perdagangan Amerika Serikat, Ross, Beijing Tianjiao adalah perusahaan milik negara Komunis Tiongkok. Perusahaan ini memperoleh teknologi militer asing dan melokalkannya, yang menimbulkan ancaman besar bagi keamanan nasional Amerika Serikat dan kepentingan kebijakan luar negeri.

Publik percaya bahwa keempat perusahaan Tiongkok ini telah diberi sanksi oleh Amerika Serikat dan Ukraina, dan mesin luar angkasa Komunis Tiongkok mungkin menghadapi masalah.

Komunis Tiongkok  dikenal sering mencuri teknologi Amerika dan Soviet. Pesawat tempur siluman J-20, yang diiklankan oleh Komunis Tiongkok sebagai “paling canggih”, memiliki kelemahan fatal. Pesawat ini masih menggunakan mesin generasi keempat Rusia AL-31F, dengan daya dorong hanya 12,5 ton, yang tidak dapat mencapai 4s. penerbangan supersonik standar.

Oleh karena itu, selama bertahun-tahun, Komunis Tiongkok telah mengimpor mesin dari Rusia, dan telah mencoba segala cara untuk mendapatkan teknologi mesin luar angkasa Ukraina. 

Menurut media Rusia, 95% senjata Komunis Tiongkok berasal dari Rusia. Beberapa pejabat Rusia di bidang industri militer dan ekspor senjata mengatakan bahwa Komunis Tiongkok menyalin segala sesuatu mulai dari mesin aero, jet tempur hingga rudal pertahanan udara.  (hui)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular