Erabaru.net. Adegan aneh baru-baru ini terjadi di situs kuno Warisan Dunia yang membuat ratusan turis heran.

Seorang wanita difilmkan mendaki tangga curam dari piramida Maya di depan ratusan turis yang terheran-heran sebelum ditangkap oleh pihak berwenang.

Menurut laporan, insiden itu terjadi pada 3 Januari di situs arkeologi Chichen Itza, yang terletak di negara bagian Yucatan, Meksiko. Piramida kuno, juga disebut ‘El Castillo’, dikenal sebagai Kuil Kukulcan.

Puncak anak tangga candi setinggi 24 meter. Namun jika dihitung seluruh bangunan candi adalah 29 meter. Sedangkan total anak tangga itu berjumlah 91 buah.

Wanita itu difilmkan saat naik dan menuruni tangga piramida saat kerumunan turis menyaksikan.

Setelah berbicara dengan seorang pria yang bekerja di lokasi tersebut, wanita tersebut memanjatnya ke atas piramida dan berhasil mencapai puncak dengan banyak usaha. Pada satu titik, dia terlihat merangkak karena curamnya anak tangga.

Beberapa laporan mengatakan wanita itu melakukan pendakian untuk menepati janji yang dia buat kepada almarhum suaminya untuk menyebarkan abunya di lokasi tersebut. Namun, pernyataan Institut Antropologi dan Sejarah Nasional (INAH) pada 4 Januari membantah semua klaim wanita itu.

“Personel keamanan zona arkeologi, dengan cara damai, mendesak orang tersebut untuk turun dari bangunan pra-Hispanik dan, setelah turun, dia dibawa ke kantor polisi kota,” Kementerian Kebudayaan Pemerintah Meksiko mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Karena memanjat piramida dilarang, wanita itu ditempatkan di tahanan polisi kota.

Sebuah surat kabar lokal melaporkan bahwa wanita itu berada di bawah pengaruh alkohol saat dia mendaki. Namun, klaim tersebut belum diverifikasi oleh pihak berwenang. (yn)

Sumber: timesnownews

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular