Erabaru.net. Para arkeolog yang menggali di situs Mesir kuno Taposiris Magna menemukan 16 kuburan di kuburan batu, dengan satu kuburan berisi mumi dengan lidah terbuat dari emas.

Tim berspekulasi bahwa setelah lidah orang yang meninggal diangkat selama pembalseman, itu diganti dengan benda tersebut sehingga almarhum dapat berbicara dengan Dewa Osiris di akhirat.

Osiris adalah ‘ Dewa Maut’ Mesir dan hakim orang mati – salah satu dewa terpenting Mesir kuno.

(Foto: dailymail)

Lubang pemakaman, yang berusia sekitar 2.000 tahun, sangat populer di zaman Yunani dan Romawi kuno, yang menyimpan sisa-sisa di dalam gunung atau formasi batuan alami.

Di dalam kuburan terdapat sejumlah mumi dan meskipun sisa-sisa sejak itu memburuk, topeng pemakaman batu masih utuh – memungkinkan tim untuk melihat seperti apa rupa setiap orang dulu.

Penggalian tersebut dipimpin oleh Universitas Santo Domingo, yang telah bekerja di situs tersebut selama hampir satu dekade.

Tim sebelumnya telah menemukan beberapa koin di dalam Kuil Taposiris Magna yang diukir dengan wajah Ratu Cleopatra VII, yang menunjukkan bahwa dia memerintah ketika banyak individu dimakamkan di kuburan batu mereka.

(Foto: dailymail)

Selain itu, potongan patung dan halaman kuil mengungkapkan Raja Ptolemy IV membangun kuil yang spektakuler ini.

Ptolemeus IV Philopator memerintah Mesir dari 221 hingga 204 SM dan karena ketertarikannya pada perayaan dan upacara mewah, kemunduran Dinasti Ptolemeus biasanya dilacak pada dirinya.

Kerangka dengan lidah emas ternyata masih terawat baik, karena tengkoraknya dan sebagian besar strukturnya masih utuh.

Para arkeolog menggalinya dari kuburan batu dan menemukan benda emas yang masih bersinar di dalam mulut kerangka itu.

Mereka berspekulasi bahwa lidah telah dihilangkan saat pembalsem, tetapi lidah emas ditempatkan pada tempatnya selama ritual pemakaman.

(Foto: dailymail)

Harapannya adalah individu ini akan memiliki kemampuan untuk berbicara dengan dewa kematian, Osiris, setelah tiba di akhirat.

Osiris dikatakan akan menguasai dunia bawah dan akan menilai roh orang-orang yang telah meninggal.

Dan dengan memberikan lidah kepada orang yang meninggal sekitar 2.000 tahun yang lalu, mungkin telah memungkinkan mereka meyakinkan Orisis untuk menunjukkan belas kasihan pada roh mereka.

Penguburan lainnya tidak begitu diawetkan, tetapi Dr. Kathleen Martinez, yang memimpin penggalian, menemukan sejumlah pernak-pernik mewah dan patung di atas kuburan masih utuh – memungkinkan para ahli untuk melihat siapa orang-orang tersebut.

Satu ditemukan dengan sisa-sisa ‘penyepuhan dan bantalan dekorasi berlapis emas yang menunjukkan dewa Osiris’.

Yang lainnya dihiasi dengan mahkota yang menakjubkan ketika mereka dibaringkan, yang dihiasi dengan tanduk, dan ular di dahi yang kemungkinan besar adalah ular kobra.

(Foto: dailymail)

Simbol tambahan, yang menggambarkan Dewa Horus, ditemukan di dada salah satu mumi. Simbol itu tergabung dalam dekorasi yang melambangkan kalung lebar tempat kepala elang digantung.

Dr Khaled Abo El Hamd, Direktur Jenderal The Alexandria Antiquities, mengatakan dalam sebuah pernyataan.”selama musim ini misi menemukan sejumlah penemuan arkeologi, yang paling penting adalah topeng pemakaman untuk seorang wanita, delapan serpihan emas, melambangkan daun dari karangan bunga emas, dan delapan topeng marmer yang berasal dari zaman Yunani dan Romawi.,” katanya.

Pejabat Mesir itu juga menambahkan bahwa topeng-topeng ini menunjukkan keahlian tinggi dalam seni pahat dan penggambaran ciri-ciri pemiliknya.(yn)

Sumber: dailymail

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular