Petr Svab

Sekelompok investor kecil yang cukup besar telah mengancam akan membuat  Hedge Fund atau pengelola investasi Wall Street bangkrut, yang man berusaha mendapatkan keuntungan dari kejatuhan ritel video game GameStop. Para investor itu telah mengatur secara online untuk membeli saham GameStop, memaksa kerugian miliaran dolar AS pada para pemain mapan yang bertaruh untuk kegagalan GameStop.

Asal muasal fenomena babak belurnya bandar besar di bursa Saham Wall Street, masih sulit untuk ditentukan, tetapi beberapa orang telah menghubungkannya dengan seorang anggota anonim forum medsos Reddit yang disebut “r/wallstreetbets.”

Forum tersebut memiliki lebih dari 3 juta anggota dan berfokus pada investasi ritel, yang artinya investasi oleh para individu, biasanya dalam jumlah kecil, ke dalam saham dan obligasi.

Anggota-anggota forum tersebut memperhatikan bahwa Melvin Capital Management, sebuah Hedge Fund senilai lebih dari $ 12 miliar , mempertahankan posisi shorting atau jual beli saham tanpa memiliki saham yang dimaksud, dengan nilai sangat besar di GameStop — perusahaan tersebut bertaruh lebih dari $ 55 juta saham GameStop yang tenggelam, menurut investor pemula Shaan Puri. 

Anggota-anggota forum tersebut mengumpulkan peringkat mereka untuk bertaruh melawan Melvin Capital Management dengan membeli saham GameStop.

Harga GameStop telah menurun selama bertahun-tahun, dari lebih dari $ 16 per lembar saham 2018 menjadi kurang dari $ 4 per lembar saham pada awal tahun 2020, sebagai model bisnis GameStop yang menjual video game  di toko-toko, telah digantikan penjualan secara online.

GameStop ditingkatkan tahun lalu saat pendiri Chewy.com, Ryan Cohen membeli 9 persen saham dan bergabung dengan dewan direksi GameStop, memberikan pengharapan bagi beberapa investor agar Ryan Cohen dapat menghidupkan kembali pengecer yang menurun tersebut. Tetapi para analis Wall Street masih memprediksi penurunan.

Sekitar pertengahan bulan Januari, harga mulai naik dengan cepat menjadi lebih dari $ 30 pada (13/1) dan lebih dari $ 40 pada (21/1). Hari berikutnya, Melvin Capital Management turun hampir 30 persen, dan membutuhkan Citadel dan Point72 Asset Management untuk menopang Melvin Capital Management dengan investasi hampir sebesar $ 3 miliar, demikian The Wall Street Journal melaporkan pada (25/1/2021). Pada saat itu, GameStop naik mencapai lebih dari $ 75.

Bendera Amerika Serikat dipajang di luar Bursa Efek New York di New York pada 9 April 2020. (Kena Betancur / Getty Images)

Tetapi itu barulah permulaan. Pada (26/1), harga GameStop naik menjadi hampir $ 150 per saham. Melvin Capital Management mengumumkan pihaknya dapat menutup posisinya di perusahaan tersebut pada sore itu, dengan mengalami kerugian yang tidak diungkapkan, sebagaiman dilaporkan CNBC. Banyak anggota forum Reddit tampaknya tidak mempercayai Melvin Capital Management terbukti berhasil menutup posisinya. Pada (27/1), GameStop melonjak hingga lebih dari $ 300 per saham.

Pada titik itu, pengguna Reddit yang diduga memulai pergerakan tersebut beberapa bulan yang lalu dengan menginvestasikan sekitar $ 750.000 di GameStop, bangkit untuk mendapatkan lebih dari $ 16 juta dalam kesepakatan itu.

Banyak pengguna Reddit juga tampaknya mengincar saham Blackberry, sebuah perusahaan telepon yang sedang bertahan hidup. Harga saham telah naik dalam beberapa minggu terakhir dari kurang dari $ 7 per lembar saham menjadi lebih dari $ 22 per lembar saham.

Ke Mana Arah Ini?

Berdasarkan postingan populer baru-baru ini di forum Reddit, para investor bertaruh bahwa banyak pemain Wall Street masih mempertahankan posisi shorting yang besar di GameStop dan sedang berjuang untuk keluar dari sana. Para investor mendesak satu sama lain untuk tidak menjual dan bahkan tetap membeli, bahkan dengan harga tinggi.

Tujuan yang jelas adalah untuk memaksa situasi di mana para investor kelembagaan, tidak lagi memiliki saham GameStop untuk dijual, tetapi setidaknya beberapa dari mereka masih mempertahankan posisi shorting, yang akan memaksa mereka untuk membeli saham dari para investor kecil. Jika para investor kecil menolak untuk menjual, maka harga dapat naik setinggi langit.

Bagaimana Shorting Bekerja?

Shorting mengacu pada penjualan sebuah saham pinjaman. Misalkan seorang teman kita membeli dua mobil masing-masing seharga $ 10.000. Kita memiliki firasat bahwa mobil-mobil ini, akan jauh lebih murah hanya dalam beberapa bulan jadi kita bertanya kepada teman kita itu apakah kita dapat meminjam mobil-mobil itu untuk beberapa lama. Teman kita itu  mengatakan, tidak apa-apa untuk meminjam satu mobil jika kita menjaminkan jam tangan kita sebagai agunan, tetapi jika kita ingin meminjam mobil yang lain juga, kita harus membayar 

biaya sewa yang murah. Kita setuju. Segera setelah meminjam kedua mobil itu, kita  menjual mobil-mobil tersebut dengan harga total  $ 20.000. Kita terus membayar biaya sewa yang murah. Tiga bulan berikutnya, sebuah mobil model baru keluar menyebabkan melimpahnya mobil-mobil di pasar. Kini harga mobil model lama hanya $ 8.000. Kita membeli dua mobil itu dan mengembalikannya ke pemilik aslinya. Kita menghasilkan $ 4.000, dikurangi biaya dengan “menjual shorting” mobil-mobil itu.

Atau, kita meminjam mobil-mobil tersebut dan menjualnya, tetapi kemudian sebuah pabrik mobil tutup, yang menyebabkan kekurangan mobil sehingga harga mobil, katakanlah,  $12.000 per satu mobil. Kita dapat terus menunggu harga turun, tetapi pada titik tertentu pemilik mobil tersebut mungkin mendatangi kita dan berkata ia menginginkan mobilnya kembali, karena ia ingin mendapat untung dengan menjual mobil-mobilnya pada harga yang lebih tinggi sekarang. Kita tidak punya pilihan lain selain membeli dua mobil baru dengan harga yang lebih tinggi sehingga kita dapat mengembalikan mobil-mobil itu kepada pemiliknya, rugi $ 4.000 ditambah biaya perjudian.

Toko GameStop di Jackson Heights di Kota New York pada 27 Januari 2021. (Nick Zieminski / Reuters)

Jadi, apa yang dimaksud dengan “Short squeeze“? bayangkan kita bukanlah satu-satunya orang dalam  situasi yang persis sama yang dijelaskan sebelumnya. Saat harga mobil mulai naik dan mencapai, katakanlah, $ 11.000 per satu mobil, penjual-penjual shorting lainnya mungkin memutuskan untuk melakukan lindung nilai atas kerugian mereka dengan membeli beberapa mobil. Tindakan mereka menyebabkan harga mobil untuk naik lebih tinggi, “menekan” posisi kita.

Situasi GameStop mirip dengan sekelompok orang yang menciptakan tekanan dengan sengaja. Mereka mengatur untuk membeli semua mobil yang dapat mereka dapatkan.

Akhirnya, para penjual shorting tersebut dapat sampai pada titik di mana mereka dipaksa untuk mengembalikan apa yang mereka pinjam dengan membeli dari kelompok investor yang terorganisir ini, karena kelompok investor yang terorganisir ini adalah satu-satunya yang tersisa yang memiliki mobil untuk dijual. Para investor yang terorganisir ini kemudian menentukan harga.

Di sisi lain, jika penjual shorting berhasil menutup semua, saham tersebut cenderung akan jatuh dan mereka yang membeli karena terburu-buru akan terjebak.

Dapatkah Orang-Orang Besar Menghentikan Hal Ini?

Shorting selalu menjadi pertaruhan, karena pemilik saham itu dapat meminjam, kapan saja, memintanya kembali, memaksa penjual shorting untuk membeli saham itu dengan harga berapa pun saat ini. 

Dalam praktiknya, hal ini adalah jarang terjadi karena penjualan  diakomodasi oleh perusahaan-perusahaan investasi besar yang menahan  portofolio saham yang masif. Jika pemilik aslinya menginginkan sahamnya kembali, maka perusahaan investasi hanya menggantikan saham itu untuk penjual shorting.

Itulah juga terjadi dengan saham GameStop. Manajer investasi terbesar dari semuanya, raksasa BlackRock senilai $ 8,6 triliun, diungkapkan pada (26/1) lalu menjual sekitar 2 juta saham GameStop. Bahkan, masih memiliki sisa sekitar 9 juta saham GameStop. Dengan demikian BlackRock dapat menyelamatkan, untuk kompensasi yang lumayan, Hedge Funds terjebak dengan shorting GameStop.

Namun, beberapa anggota forum Reddit memprediksi bahwa Wall Street memang benar melakukan shorting terhadap GameStop lebih dari yang diizinkan. Bahkan portofolio BlackRock tidak akan cukup.

Bursa Efek New York beberapa kali menghentikan perdagangan GameStop, tetapi tidak banyak membantu. Bursa Efek New York pada akhirnya  melakukan strategi penangguhan yang lebih lama.

Regulator pemerintah juga dapat melihat apakah serbuan GameStop itu dipicu oleh penyebaran informasi palsu atau menyesatkan, yang merupakan tindakan ilegal.

Komisi Sekuritas dan Bursa Efek Amerika Serikat mengatakan dalam sebuah pernyataan pada (27/1), bahwa pihaknya “secara aktif memantau” volatilitas pasar.

Beberapa anggota forum Reddit menolak hal ini, mengatakannya dengan benar mengidentifikasi saham yang terlalu shorting dan berinvestasi di dalamnya, berdasarkan prediksi dari tekanan pendek adalah strategi investasi yang sah.

Pada malam (27/1), forum Reddit dibuat pribadi oleh  moderator Reddit yang mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat lagi menatalaksana untuk menenangkan serangan aktivitas baru. Sementara itu, platform Discord melepas layanan diskusi forum Reddit.

Apa Arti Semua Ini?

Para pemain mapan tampaknya melihat serbuan GameStop sebagai sesat, jika tidak jahat. Tetapi investor-investor kecil tampaknya melihat serbuan GameStop, sebagai bentuk pemberontakan karena mereka lihat kelembagaan Wall Street  bermain secara tidak adil dalam market untuk keuntungan Wall Street dan kerugian investor-investor kecil.

Hedge Fund secara khusus terkadang dianggap mengambil keuntungan dari perusahaan-perusahaan yang sedang bertahan hidup. Namun, jika pemerintah turun tangan, kemungkinan akan terus membela para pemain yang mapan, kata Dan David, pendiri  perusahaan Wolfpack Research, dalam wawancara War Room Bannon baru-baru ini.

Investor miliarder Chamath Palihapitiya dalam wawancara CNBC baru-baru ini, mendukung hak investor-investor kecil untuk melakukan apa yang  dilakukan investor-investor kecil, meskipun ternyata tidak menghasilkan keuntungan bagi investor-investor kecil itu. 

Selama investor kelembagaan diperbolehkan mengambil keuntungan dari perubahan jangka pendek dalam harga saham, si pria kecil itu, kata Chamath Palihapitiya, seharusnya diizinkan juga untuk membuat gerakan analog. 

“Ada sebagian kecil momentum, ada bagian di mana ada analisis yang fundamental, dan kemudian ada bagian yang melekat pada si pria kecil itu,” ujar Chamath Palihapitiya menggambarkan situasi tersebut. (vv)

Video Rekomendasi :

 

Share

Video Popular