Erabaru.net. Kim, seekor anjing border collie dari Ceredigion, Wales, dijual seharga 530 juta di lelang online ke Eamonn Vaughan, Newcastle, Inggris, hanya beberapa hari sebelum ulang tahun pertamanya.

Harganya mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh border collie Henna, dari Brecon, Wales, yang terjual seharga Rp 385 juta .

Dewi Jenkins, 28 tahun, peternak dari Wales, yang melatih Kim, mengatakan anak anjing berbakat itu mampu melakukan tugas sendirian setelah satu kali demonstrasi.

Dan dia sudah bisa mengumpulkan seluruh kawanan domba dan sapi sendirian saat berada di luar pandangan pemiliknya di pertanian keluarganya di Talybont, Ceredigion.

Dia sekarang akan mengontrol domba Texel dengan pemilik barunya di sebuah peternakan di Newcastle, Inggris.

Penjualan tersebut juga mengalahkan rekor pribadi Dewi untuk border collie Tyngraig Jet yang terjual seharga Rp 230 juta pada Juli.

“Kim memegang dua rekor sekarang. Dia cerdas dan sangat, sangat cerdas,” kata Dewi. “Ketika kami mulai berlatih, dia sangat pintar sehingga saya hanya perlu menunjukkan kepadanya bagaimana melakukan sesuatu sekali dan pada kali kedua, dia tahu apa yang saya inginkan.”

Dewi tumbuh bekerja dengan anjing gembala untuk mengelola dombanya di Tynygraig Farm, bisnis milik keluarga di Talybont, Wales.

Dia sekarang bersemangat melatih anjing gembala di waktu luangnya.

Dewi melatih anjingnya dalam bahasa Inggris yang berarti mereka dapat dijual ke petani di seluruh dunia termasuk Inggris, Perancis, Belgia, Norwegia, dan bahkan AS.

“Ini adalah hasrat saya dan saya menikmatinya. Ketika Anda melihat seekor anjing menjadi lebih baik setiap hari, Anda menantikan waktu berikutnya untuk membawanya ke tingkat berikutnya,” katanya.

Kim datang untuk tinggal bersama Dewi pada usia delapan minggu dan mampu mengumpulkan sejumlah domba tidak terlihat pemiliknya sebelum ulang tahun pertamanya.

Dia juga bekerja secara mandiri di kandang dan bahkan memandu domba keluar dari kandang.

“Dia mengembala sapi dan domba. Ada beberapa anjing gembala yang melakukannya tetapi tidak banyak, mereka kebanyakan menggembala domba. Dan dia melakukan semua itu pada usia yang sangat muda,” kata Dewi

Dalam waktu dekat, Dewi berharap bisa mulai berlatih lagi dengan satu atau dua anjing lainnya.

“Sangat menyedihkan melihat Kim pergi tapi saya juga sangat senang mengetahui dia akan pergi ke rumah yang sangat baik,” Dewi menambahkan. (yn)

Sumber: mirror

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular