Erabaru.net. Danau Baikal di Siberia selatan adalah danau air tawar terbesar dan terdalam di dunia.

Setiap musim dingin ketika danau membeku selama setengah tahun, Lyubov Morekhodova yang berusia 80 tahun mengenakan sepatu es kuno yang sama dengan yang dia kenakan sejak 1940-an dan meluncur di atas es ke mana pun dia ingin pergi.

(Foto: Youtube)

Lyubov, atau Baba Lyuba, begitu dia dipanggil, telah menggunakan sepatu es-nya untuk berkeliling di lingkungan tempat tinggalnya yang terpencil sepanjang hidupnya.

Sebagai seorang anak, dia ingat meluncur di atas sepatu es-nya sekitar 2,5 mil sekali jalan ke sekolah dan kembali. Dia pernah jatuh ke dalam danau dan berhasil selamat berkat bantuan dari teman-teman sekelasnya.

(Foto: Youtube)

Setelah kedua anaknya berkeluarga dan bekerja di pabrik selama hampir 50 tahun, Baba Lyuba pensiun dan sekarang tinggal sendirian di sebuah rumah kecil di tepi Danau Baikal.

Anak-anaknya dan lima cucunya jarang berkunjung karena mereka tinggal lima jam perjalanan dengan mobil, jadi satu-satunya teman dia adalah hewan-hewan peliharaannya, anjing, sapi, dan ayam. Untungnya, dia memiliki sepatu es untuk membantunya merasa bebas ke mana saja!

“Bagi saya, es artinya bisa di mana saja dan ke mana saja,” kata nenek.

Setiap hari, dia meluncur setengah jam sekali jalan ke desa setempat untuk berbelanja.

Dengan suhu yang sering mencapai -40 derajat Fahrenheit, sulit membayangkan seorang berusia 80 tahun melakukan perjalanan ini, apalagi setiap hari! Tetapi Baba Lyubov bersikeras bahwa meluncur di atas es hariannya adalah rahasia umur panjangnya.

“Orang-orang terus mengatakan kepada saya bahwa saya harus istirahat, tetapi saya tidak bisa!” katanya sambil tertawa. “Saya tidak punya waktu untuk diam, terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan.”

(Foto: Youtube)

Baba Lyubov menganggap kegiatan dan rutinitas hariannya sebagai semacam keyakinan. Dia menghindari agama terorganisir demi sikap praktis Siberia terhadap hidup dan mati.

“Setiap orang harus selaras dengan kesadarannya sendiri dan tidak merugikan orang lain. Maka semuanya akan baik-baik saja, ”katanya.

“Beberapa orang tidak pernah puas. Mereka pikir semuanya buruk. Yang satu membutuhkan banyak uang, yang lain membutuhkan istana. Empat dinding dan atap di atas kepalamu, hanya itu yang dibutuhkan seseorang,” tambahnya.

(Foto: Youtube)

Kapan pun Anda tergoda untuk mengasihani diri sendiri, ingatlah nenek Siberia ini tetap aktif di usia tuanya!Baba Lyubov adalah pengingat yang sempurna bahwa usia hanyala angka (yn)

Sumber: inspiremore

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular